Tren minum kopi dari beberapa tahun sebelumnya lebih condong pada kopi dengan pemanis gula aren dan campuran susu plant based. Namun seiring berjalannya waktu, perubahan ini terjadi khususnya bagi kalangan gen Z dan milenial.
Pada tahun 2024 nanti diprediksi bahwa kopi hitamlah yang justru akan banyak diminati karena aromanya yang fruity serta memiliki rasa yang unik di lidah.
Selain itu, biji kopi hitam ini menawarkan after taste yang unik meski tidak di campur dengan bahan tambahan lain. Sajian kopi hitam pun bisa disajikan panas atau dingin tergantung selera dan tren yang akan hype di 2024 ini yaitu kopi hitam dengan atau tanpa tambahan gula.
Alasannya cukup menarik, para gen Z dan millennial yang menyukai kopi hitam ini karena mereka percaya bahwa kopi hitam menawarkan konsentrasi kafein yang lebih 'nendang' dan kalangan gen Z ini cenderung mencari mood mereka agar mendorong energy mereka dengan kopi berkafein tinggi serta menjadi cara praktis untuk menambah semangat dan produktivitas.
Saat ini yang menjadi pilihan di kalangan gen Z dan milenial berupa cold brew apalagi di pesan saat siang setelah makan siang. Semakin jelas bahwa para gen Z dan milenial ini cenderung menghemat waktu, dengan pilihan cold brew ini yang memiliki karakteristik kemasan unik, penyajian cepat dan praktis saat minum kopi.
Dari sinilah dapat terlihat bahwa gen Z dan milenial bukan hanya mengikuti tren baru namun menciptakan tren baru di dunia kopi. Kemasan yang siap minum dan unik serta dengan mudah di bawa kemana-mana membuat cold brew ini menjadi pilihan praktis bagi penikmatnya. Media sosial pun ikut andil dalam tren ini. banyak para gen Z dan milenial menganggap bahwa kopi sebagai kebutuhan yang terjangkau dan menyenangkan.
Lebih dari 33% gen Z dan milenial ini memiliki minat daya beli hanya karena platform di media sosail yang menarik perhatian dan banyak inovasi yang tak terbatas, terlebih lagi, coffe shop saat ini yang sudah menjamur di pasaran apalagi tempatnya yang menyungguhkan suasana yang estetik dan 'intragramable' membuat minat seseorang terpengaruh oleh pengalaman visual mereka.
Itulah beberapa alasan mengapa gen Z dan milenial cenderung menciptakan tren minum kopi hitam. Selain aroma, rasa dan meningkatkan mood mereka untuk berproduktifitas, kopi hitam ini menjadi peneman dan membatu cara bersantai sejenak anda dengan cara praktis. Jadi, apa kopi kesukaan anda?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H