Lihat ke Halaman Asli

rdsinta

Content writer

Semarak Warna Warni Karnaval HUT RI Ke-78 Kabupaten Tasikmalaya

Diperbarui: 18 Agustus 2023   09:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Karnaval HUT RI Ke-78 Via Dokpri. 

Karnaval atau pawai budaya merupakan salah satu acara wajib dan kegiatan yang paling ditunggu setiap tahunnya. Antusiasme warga yang berpartisipasi dalam kegiatan ini begitu besar. Beragam kostum daerah, cosplay, pernak pernik dekoratif dan menarik ikut mengundang perhatian. Animo masyarakat untuk menyaksikan di sepanjang jalur yang dilintasi sangat antusias dengan keseruan dari berbagai ragam penampilan peserta karnaval.

Di Kabupaten Tasikmalaya sendiri khususnya di daerah Rajapolah  pada hari kamis, 17 Agustus 2023 kemarin karnaval budaya dimeriahkan dengan pawai jampana yang menjadi tradisi turun temurun dan masih dilestarikan masyarakat Jawa Barat hingga saat ini. Jampana sendiri dalam bahasa Sunda berarti tandu. Pawai jampanan disini mengandung arti sebagai arak-arakan tandu. Tandu tersebut dibawa oleh dua hingga empat orang yang memikul dari sisi depan dan belakang  yang berisi aneka hasil bumi, makanan khas Jawa Barat hingga hasil kerajinan masyarakat. Tradisi unik ini menjadi daya tarik sendiri khususnya di wilayah Jawa Barat. Produk-produk unggulan, hasil bumi maupun kerajinan tangan di perkenalkan dalam karnaval ini. Cosplay menjadi tokoh prajurit pun turut mengundang perhatian diiringi dengan suara dentuman 'Bedil Lodong' yang merupakan minatur tank baja terbuat dari kayu dengan dihiasi daun-daunan ikut menyemarakan karnaval setiap tahunnya. Kreatifitas masyarakat pun turut disoroti dengan membuat bahan plastik daur ulang menjadi outfit di karnaval tahun ini, kostum menarik ditampilkan di sini seperti kostum profesi, perhantuan, dan lainnya turut memeriahkan karnaval tahunan di Kabupatan Tasikmalaya. Peserta pawai di dominasi oleh anak-anak tingkat sekolah dasar hingga menengah, pemuda pemudi dan sebagian lansia yang turut memeriahkan acara.

Jampana Kerajinan Tangan Warga Miniatur Masjid Via Dokpri. 

Bedil Lodong Miniatur Tank baja via Dokpri 

Cosplay warga bahan daur ulang via dokpri. 

Kostum unik bahan daur ulang via dokpri. 

Karnaval budaya atau pawai budaya dijadikan sebagai hiburan tahunan dan untuk memperlihatkan keunikan serta kratifitas masyarakat dalam menyambut HUT RI yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Kebersamaan dan semangat partisipasi masyarakat dengan modifikasi kearifan lokal yang melekat menjadikan karnaval budaya ini dimaknai sebagai acara memperkenalkan keanekaragaman budaya Nusantara kepada masyarakat luas dan diharapkan menumbuhkan sikap cinta tanah air, saling hormat menghormati antar sesama, mensyukuri kekayaan tradisi dan salah satu bentuk kekompakan antar masyarakat dalam memeriahkan acara HUT RI ke-78 tahun ini. Karnaval budaya sebernarnya bukan hanya tradisi belaka namun sebagai bentuk ucapan syukur atas kemerdekaan RI yang diraih dengan perjuangan oleh para pahlawan terdahulu dengan penuh pengorbanan. Jadi, bagaimana karnaval di wilayah anda?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline