Lihat ke Halaman Asli

Sinta Nuria

Mahasiswa S1 Sastra Indonesia

Peduli Lingkungan, KKN UMD 2022 Kelompok 434 Mengadakan Sosialisasi Saling Pandang

Diperbarui: 3 September 2022   18:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Saling Pandang (Sanitasi Lingkungan dan Pupuk Kandang) merupakan nama program utama dari Kelompok KKN UNEJ 434 Desa Dadapan. Program ini sebagai upaya memberikan wawasan terkait sanitasi lingkungan yang bersih dan sehat. 

Sosialisasi yang dilaksanakan pada Kamis, 04 Agustus 2022 melibatkan pihak Puskesmas Pembantu desa Dadapan sebagai pemateri. Peserta merupakan perwakilan 2 orang dari 9 kelompok Gerbang Mas yang ada di setiap RW desa Dadapan. 

Berdasarkan survei, warga desa Dadapan mayoritas memiliki hewan ternak sapi namun belum bisa memanfaatkan limbah atau kotoran dengan pengolahan yang baik. Masih banyak warga yang membuang kotoran di saluran dengan sembarangan, bahkan mennggunakannya sebagai pupuk instan untuk tanaman. 

Sosialisasi yang dilaksanakan mahasiswa KKN UNEJ 434 diharapkan dapat memberikan wawasan baru terkait pentingnya sanitasi lingkungan yang baik serta pengolahan pupuk kandang. Sosialisasi kali ini juga mengajak warga desa untuk lebih peduli dengan kebersihan terutama terkait pembuangan limbah ternak. Agenda selanjutnya adalah pelatihan pembuatan pupuk kandang yang dilaksanakan keesokan harinya. Mahasiswa KKN jurusan Ilmu Pertanian yang cukup mumpuni turun langsung sebagai pengarah ketika pelatihan.

Program ini diharapkan terus berkelanjutan dan menjadi kegiatan wajib untuk kelompok Gerbang Mas. Mengingat manfaat yang cukup besar dan dapat dirasakan oleh warga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline