Lihat ke Halaman Asli

Mohon Bantuan Dana

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Wikipedia merupakan sebuah situs yang banyak digunakan oleh kita untuk mendapatkan berbagai informasi. Biasanya kaum pelajar, mahasiswa dan karyawan yang sering mengakses Wikipedia guna memperoleh informasi untuk tugas, skripsi dan lainnya.

Situs Wikipedia awalnya adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation. Tujuan dari peluncuran Wikipedia adalah untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada pengguna internet lainnya.

Jimmy Wales, perintis Wikipedia tidak mau menayangkan dan menerima iklan dalam Wikipedia. Karena menurutnya, Wikipedia bertujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan secara utuh, tanpa adanya efek komersial.

Sehingga Wikipedia harus mandiri untuk beroperasional selama ini. Biaya operasional harus mereka cari sendiri dan karena itu juga, Jimmy memohon donasi kepada para pembaca agar situs Wikipedia dapat tetap aktif dan beroperasi.

Isi permohonan dari pendiri Wikipedia tersebut adalah sebagai berikut :

Google mungkin memiliki hampir sejuta server. Yahoo memiliki sekitar 13.000 staf. Kami hanya memiliki 679 server dan 95 staf.

Wikipedia adalah situs #5 di web dan melayani 450 juta orang yang berbeda setiap bulan - dengan miliaran kunjungan halaman.

Saya tidak punya masalah dengan komersialisasi. Menurut saya, iklan bukanlah sesuatu yang jahat. Namun iklan tidak memiliki tempat di sini — tidak di Wikipedia.

Wikipedia merupakan sesuatu yang istimewa. Wikipedia ibarat perpustakaan atau taman untuk umum. Wikipedia laksana ruang suci bagi pikiran. Wikipedia adalah tempat kita semua dapat datang untuk berpikir, belajar, dan berbagi pengetahuan dengan orang lain.

Ketika saya memulai Wikipedia, saya dapat saja menjadikannya sebagai sebuah perusahaan komersial yang menayangkan iklan, namun saya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Kami bekerja keras setiap tahun untuk menjaga kita tetap ramping dan ketat anggaran. Kami memenuhi misi kami, dan kami tidak menyia-nyiakannya.

Jika setiap orang yang membaca ini menyumbangkan $5, kami hanya perlu melakukan penggalangan dana selama satu hari setiap tahunnya. Tetapi tidak semua orang dapat atau ingin menyumbang. Dan hal itu tidak apa-apa. Setiap tahun cukup banyak jumlah orang yang memutuskan untuk menyumbang.

Tahun ini, pertimbangkanlah untuk memberikan sumbangan $5, €10, ¥1000, atau berapa pun yang Anda mampu untuk melindungi dan melestarikan Wikipedia.

Terima kasih,

Jimmy Wales Perintis Wikipedia

Saat ini, sudah ada sebagian dari kita yang telah menjadi donator Wikipedia. Salah satunya donator Wikipedia adalah pendiri Google, Sergey Brin. Sergey dan istrinya, Anne Wojcicki menghibahkan dana sebesar 500.000 dollar AS atau kurang lebih sebesar Rp 4,5 milliar melalui Yayasan miliknya The Brin Wojcicki.

Jika Anda memiliki harta berlebih, ada baiknya untuk membantu Wikipedia sebagai penyedia informasi dan salah satu situs ilmu pengetahuan. Untuk informasi donasi dan sumbangan, Anda bisa klik di Wikipedia.

Pada tahun 2011 ini, sudah terkumpul dana sebesar 1,2 juta dollar AS yang telah diberikan kepada Wikipedia dari berbagai kalangan. Dana tersebut akan digunakan untuk berbagai biaya operasional Wikimedia Foundation, salah satunya juga untuk gaji karyawan.

Sekian informasi ini saya sampaikan, semoga artikel tersebut dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, khususnya untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Terima kasih.

Sumber : http://sintamelani.blogdetik.com/2011/11/23/mohon-bantuan-dana/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline