Mencintai Murid yang Sulit
Di saat Pandemi Menghimpit
Oleh : Sinta Marlina, S.Psi.
Terapis Yoga Anak/Penulis/Tutor Homeschooling
Setiap angkatan pembelajaran, akan ada anak istimewa. Saya mengklasifikasikannya menjadi dua:
1. Istimewa karena kemampuan akademis yang masih perlu ditunjang, agar setara dengan teman lain.
2. Istimewa karena selalu melahirkan perilaku baru, yang mengganggu proses belajar di kelas, baik yang berdampak pada diri sendiri atau orang lain.
Saya menggunakan istilah istimewa ini, saat berhadapan dengan murid manapun, terutama yang berada di luar garis rata-rata anak lain pada umumnya.
Ibarat mendapatkan hadiah istimewa, tentu kita akan bersemangat sekali membukanya. Mencari tahu gerangan isinya, bagaimanakah penggunaannya, hingga muncul pertanyaan di kepala, apakah hikmah di balik kehadiran dia, atas diri ini maupun orang lain.
Ada tiga cara mendekatkan diri pada anak istimewa tersebut, terutama di masa pandemi seperti ini: