Lihat ke Halaman Asli

Sinta Lutfiana

MAHASISWI IAIN JEMBER PAI A7 2019

Kendala Guru dalam Sistem Belajar Online

Diperbarui: 4 April 2020   18:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sejak pemerintah menetapkan Social Distanding hampir seluruh sekolah menetapkan sekolah online. Hal tersebut membuar siswa siswi  indonesia meradang. Banyak yang mengeluh akan banyak nya tugas dan lain sebagainya.  Dan kembali lagi sebagai sasaranya pemberi tugas yaitu guru.  Faktanya antara siswa dan guru sama-sama mengalami kesulitaan, kira kira apa ya sobat kesulitan yang di hadapi Guru dalam sistem belajar Online Ini, Berikut kendala yang dialami :

1. Dalam hal Materi
 Ketika sekolah Guru menyampaikan materi secara langsung dalam kelas. Menjelaskan runtutan materi dari awal dari akhir,  serta dapat memantau langsung tingkat kefahaman siswa atas materi yang disampaikan. Dan apabila kurang faham terkadang guru mempersilahkan bertanya.
Namun pada sistem belajar online ini akan sulit Guru dalam proses pemantauan siswa. Materi yang di sampaikan pun tidak bisa maksimal karena hanya lewat via vido pendek ataupun berupa rangkuman tulisan imbasnya murid akan sulit memahami materi.

2. Proses Kontroling
Siswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu tidak memiliki fasilitas seperti handphone android. Hal ini membuat siswa tidak mendapatkan informasi karena kegiatan belajar mengajar berlangsung sepenuhnya secara online. Terkadang siswa juga terhalang akan koneksi internet. Sehingga penyampaian materi dari pengajar terhambat.

Setiap siswa memang menginginkan belajar dengan tenang serta mudah di fahami pada sistem belajar online ini. Namun para guru juga di bingung bagaimana cara yang mudah agar materi yang disampaikan mudah di fahami serta tugas yang di berikan tidak menjadi beban. Semoga ini menjadi koreksi kita bersama agar perbaikan sistem belajar lebih baik.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline