Lihat ke Halaman Asli

Fotografi Perjalanan

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kita sering melakukan perjalanan, baik perjalanan dalam rangka dinasmaupun perjalanan yang sengaja dilakukan karena liburan atau cuti. Banyak hal yang seringkali kita lewatkan atau hanya dinikmati sesaat saja tanpa ada niat untuk mendokumentasikan peristiwa atau tempat yang menarik tersebut.Bila ada rencana perjalanan dinas atau memang mempunyai rencana untuk melakukan liburan, akan lebih bijaksana bila mulai sekarang anda membekali diri dengan kamera digital untuk mendokumentasikan perjalanan anda. Berikut beberapa tips/saran bila anda ingin mendokumentasikan perjalanan anda.

I.Persiapan

a.Waktu

Lebih baik anda melakukan perjalanan dengan lebih terencana dan jauh-jauh hari. Pilih waktu di mana cuaca cukup bersahabat, sehingga anda bisa maksimal mengekplorasi tempat tujuan anda. Tentu saja berapa lama akan tinggal di tempat tersebut menjadi pertimbangan.

b.Tempat tujuan

Kalau anda berlibur maupun melakukan perjalanan dinas, lebih baik anda mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat tersebut. Carilah informasi yang terkait dengan tempat menginap, kuliner, wisata andalan, dll. Informasi bisa diperoleh dari buku, blog, website, dll.

c.Dengan siapa ?

Kalau anda melakukan perjalanan dinas, sudah tentu anda harus melakukannya bersama rekan kerja anda. Tetapi bila anda melakukan perjalanan dalam rangka liburan, bisa jadi anda melakukan bersama pasangan, baik isteri juga anak-anak anda. Jangan melakukan perjalanan liburan seorang diri, tidak enak banget. Percaya deh…benar-benar tidak enak.

d.Peralatan

Apabila anda melakukan perjalanan untuk berlibur, tidak khusus untuk “hunting foto”, peralatan standar yang perlu anda bawa adalah kamera digital. Anda bisa membawa kamera pocket digital, DSLR dengan satu lensa yang mempunyai range cukup lebar, misalnya 18-135mm atau 18-135mm, sehingga anda tidak perlu berganti-ganti lensa. Mungkin agak repot, tetapi saya sarankan anda juga membawa tripod dan banterai cadangan.

e.Obyek/Subyek untuk dipotret

Akan lebih bijaksana, apabila anda membuat daftar apa saja yang hendak anda potret. Itulah gunanya anda mempelajari atau mencari informasi tentang tempat tujuan bepergian anda.

f.Memory/media penyimpan

Fotografer yang bijak dan cerdas akan membawa memory yang kosong dan baterai yang penuh dalam kameranya. Bukan sebaliknya membawa memory yang penuh karena belum ditransfer ke komputerdan baterai yang kosong karena belum di”charge”. Lebih baik anda membawa memory yang cukup banyak, karena pasti ada obyek-obyek menarik yang tidak cukup difoto dalam satu jepretan.

g.Rute perjalanan

Bila anda melakukan perjalanan darat, banyak obyek-obyek menarik yang anda lewati yang bisa anda potret. Silakan mencari jalur yang menurut anda paling mudah dan paling menarik untuk dilewati. Tetapi apabila anda melakukan perjalanan dengan pesawat udara, jangan simpan kamera anda tapi anda masih bisa memotret awan dan pemandangan lainnya dari jendela cabin anda.

II.Subyek/Obyek

Banyak yang bisa direkam atau dipotret di suatu daerah atau lokasi.Beberapa obyek/subyek yang bisa anda rekam, antara lain ..

a.Manusia

Manusia adalah subyek foto yang paling menarik dan bisa diajak kerjasama untuk menghasilkan foto yang dahsyat. Ada beberapa cara atau teknik untuk memotretmanusia.

-Portrait

Portrait adalah teknis memotret manusia secara proporsional, seringkali dengan cara close up atau lebih banyak mengekspose wajah manusia.

-Aktivitas manusia

Memotret aktivitas manusia ini memerlukan kejelian dan keberanian, karena seringkali subyek yang kita potret kurang suka. Lebih baik anda meminta izin terlebih dahulu sebelum memotretnya.

-Kegiatan kolosal

Yang dimaksud dengan kegiatan kolosal adalah kegiatan yang dilakukan bersama-sama oleh banyak orang. Banyak kegiatan budaya ataupun keagamaan yang dilakukan bersama-sama di suatu tempat.

-Anak-anak

Memotret anak-anak memang tidak mudah, tetapi juga tidak sulit, karena kita bisa memotret segala macam aktivitas mereka secara natural. Banyak kejadian-kejadian lucu dan menggemaskan yang bisa anda potret.

-Teman perjalanan

Berbicara tentang teman perjalanan, anda bisa memotret aktivitas rekan perjalanan anda sewaktu melakukan perjalanan dinas bersama. Tetapi apabila anda melakukan perjalanan liburan bersama keluarga, anda bisa memotret aktivitas isteri dan anak-anak di setiap lokasi wisata.

-Etiket/sopan-santun

Disarankan sebelum memotret di suatu lokasi, anda meminta izin terlebih dahulu kepada subyek yang akan anda potret.

b.Landscape

Landscape atau pemandangan adalah obyek yang paling sering dipotret oleh para traveler. Setiap lokasi mempunyai obyek landscape yang tidak dimiliki oleh lokasi lain. Foto-foto lansdscape meliputi gunung/pegunungan, persawahan, hutan, danau, dll.

c.Arsitektur/Bangunan

Banyak bangunan yang kuno maupun bangunan yang baru atau modern yang bisa diabadikan dengan kamera anda. Beberapa bangunan bahkan menjadi ciri khas suatu tempat yang tidak dimiliki oleh tempat lain.

d.Interior

Kalau anda jeli, anda bisa memotret interior kamar hotel di mana anda menginap juga di tempat di mana anda berkunjung. Beberapa lokasi tidak mempermasalahkan bila anda memotret interiornya menggunakan kamera digital.

e.Street/transportation

Kondisi jalanan dan bangunan di kiri kanannya di mana anda berkunjungmenarik juga untuk dipotret, juga alat transportasi yang digunakan. Beberapa lokasi mempunyai alat transportasi umum yang menarik dan mempunyai bentuk yang unik. Kalau anda jeli, bentuk becak di Yogyakarta berbeda dengan becak yang ada di kota lain.

f.Acara/perayaan/karnaval

Kalau anda beruntung atau memang sudah anda jadwalkan perjalanan secara baik, beberapa tempat mempunyai kegiatan atau acara yang menarik dan melibatkan banyak sekali manusia.Di Jember misalnya, setiap bulan Agustus selalu diadakan Jember Fashion Week, yaitu peragaan busana denganjalan utama Kota Jember sebagai “catwalk”nya.

g.Entertainment/Pertunjukan

Beberapa daerah mempunyai jadwal pertunjukan tari, musik, maupun budaya lainnya secara bulanan ataupun tahunan.Setiap daerah mempunyai budaya yang berbeda-beda, sehingga anda mempunyai pilihan obyek yang bervariasi, misalnya.

-Pertunjukan tari

-Musik

-Olah raga

-Kehidupan malam

Di Yogyakarta, anda bisa melihat dan memotret pertunjukan Sendratari Ramayana setiap malam di Pura Wisata, atau di Pelataran Candi Prambanan setiap hari Sabtu di bulan April s.d. Oktober.

h.Makanan dan Minuman

Makanan atau minuman yang disajikan kepada kita sebagai hidangan makan pagi, makan siang, maupun makan malam bisa menjadi obyek yang menarik. Dengan sudut-sudut kreatif, makanan dan minuman yang biasa pun akan menjadi sebuah foto yang sangat menarik. Di beberapa restoran, mereka menyajikan makanan dengan unik dan artistik.

i.Kehidupan liar

Kadang tempat yang kita kunjungi juga mempunyai tempat konservasi atau suaka margasatwa. Luangkan waktu sebentar untuk memotret satwa di habitatnya yang asli.

j.Ikon suatu tempat

Di setiap daerah pasti mempunyai bangunan atau benda yang menjadi lambang atau ikon suatu daerah. Misalnya Jam Gadang di Bukit Tinggi, Tugu Monas di Jakarta, dll.

III.Penutup

Setelah kembali ke rumah, kalau belum sempat mentransfer semua foto ke dalam computer,jangan lupa untuk mentransfer semua foto yang anda dapat ke computer pribadi anda. Setelah proses transfer selesai, disarankan untuk menformat memory tersebut dengan menggunakan kamera anda.

Bersihkan dan simpan kamera anda dengan baik, untuk melakukan perjalanan berikutnya di tempat-tempat baru yang menarik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline