Lihat ke Halaman Asli

Singgih Nugroho

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Universitas PGRI Semarang

Berlangsung Haru, Siswa-Siswi Kelas 6 SDN Pati Lor 03 Jalani Prosesi Wisuda

Diperbarui: 9 Juni 2023   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Siswa kelas 6 bersama wali kelas usai melangsungkan acara perpisahan

Sebanyak 33 siswa-siswi kelas 6 SD Negeri Pati Lor 03 tampil nyentrik dengan dresscode monokrom hitam-putih pada Sabtu (27/5/2023). Didampingi orang tua, siswa-siswi menuju ke Pendopo Omah Cabe untuk melangsungkan acara purnawiyata. Kegiatan tersebut digelar atas koordinasi antara pihak SDN Pati Lor 03 bersama Paguyuban Wali Murid kelas 6.

Di dalam acara tersebut hadir seluruh jajaran SDN Pati Lor 03, mulai dari kepala sekolah, guru, tata usaha, pengurus komite sekolah, serta mahasiswa PPL PPG Prajabatan Universitas PGRI Semarang. Prosesi acara yang bertajuk perpisahan kelas 6 itu dilaksanakan usai siswa-siswi melalui Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) Tahun Ajaran 2022/2023.

Kegiatan bertemakan 'Mewujudkan Generasi Milenial yang Berkarakter dan Berakhlak Mulia' itu berlangsung penuh haru. Apalagi kegiatan tersebut menjadi momen terakhir siswa-siswi kelas 6 bersama.

Perlu diketahui, acara mulai dibuka oleh MC Anggina Ayu Ditiya, S.Pd pada pukul 10.00 WIB. Acara berlanjut menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, seluruh hadirin dengan khidmat menyanyikan lagu ciptaan WR. Soepratman tersebut.

Sebagai ajang pembuka, doa dilantunkan dengan khusyu' oleh seluruh hadirin. Sumarno, S.Pd. I selaku guru Pendidikan Agama Islam memimpin doa. Ucapan terlintas dalam sematan doa, ia memohon agar acara berlangsung lancar serta lulusan kelas 6 dapat menjadi pribadi yang lebih baik usai lulus dari jenjang sekolah dasar.

"Dengan mengucap asma Allah SWT, kita semua berharap agar kegiatan berlangsung lancar tanpa ada suatu kendala apapun. Serta semoga siswa-siswi kelas 6 bisa menjadi siswa yang teladan setelah lulus dari bangku SD," ungkapnya.

Demi sebuah pertanggungjawaban penyelenggaraan acara, Ketua Panitia yang berasal dari pengurus Paguyuban Siswa Kelas 6 menyampaikan laporan kegaiatan secara transparan. Dirinya menyampaikan rincian anggaran, baik mulai dari pemasukan maupun pengeluaran dana kegiatan.

Sementara, Ketua Komite SDN Pati Lor 03 Baut Widodo menyampaikan rasa bangga atas kegiatan yang digelar pada hari ini. Ia mengapresiasi panitia yang telah meng-konsep kegiatan dengan kreatif untuk melepas anak-anak kelas 6 tercinta. Tak lupa, Baut juga menyapa guru-guru pensiunan SDN Pati Lor 03 yang menyempatkan hadir.

"Acara ini sangat bagus sekali. Bahkan baru kali ini SDN Pati Lor 03 menggelar acara purnawiyata dengan konsep yang kreatif dan meriah seperti ini. Saya selaku perwakilan komite sekolah yang sudah menjabat bertahun-tahun belum pernah menemui acara yang semeriah tahun ini," ungkapnya saat memberi sambutan.

Wakil Ketua Komite SDN Pati Lor 03, Budi menambahkan siswa-siswi perlu mempersiapkan diri untuk melanjutkan jenjang yang lebih tinggi. Ia pun menanyakan sekolah mana yang mereka masuki.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline