Lihat ke Halaman Asli

Korut Bikin Marah Korsel

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sangat menyedihkan sekali dimana israel dan palestina belum berdamai sekarang baru baru ini terjadi perang dengan ras yang hampir sama yaitu korea selatan (korsel) dengan korea utara (korut), bagaimana tidak korut dikatakan sebagai provokasi puluhan tembakan artileri Korut menghujam pulau Yeonpyeong di dekat wilayah perbatasan sebelah barat di antara kedua negara yang saat ini tengah menjadi sengketa pada hari selasa, 23 November kemaren. Penembakan tersebut telah menewaskan sedikitnya dua orang prajurit Korsel dan melukai 13 prajurit lainnya. Sejumlah rumah di pulau tersebut juga meledak namun jumlah korban warga sipil belum dapat dipastikan. Bahkan Amerika Serikat mengutuk atas tindakan dari korut ini dan menyeruhkan agar korut menghentikan aksi pembrutalan sepereti ini. Amerika Serikat (AS) berkomitmen penuh untuk menjaga keamanan Korsel dan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan diharapkan juga presiden baru amerika serikat barack obama bisa menyelesaikan persoalan ini agar tidak terjadi peperangan yang lebih lanjut.

Tentu aksi dari korut ini tidak bisa begitu saja dimaafin oleh korsel tentu korsel akan membalas aksi dari korut tersebut tetapi itu semua bukan tugas dari Amerika Serikat saja yang harus mendamaikan dari kedua belah pihak tetapi juga dari negara negara lain termasuk indonesia jika aksi korut tersebut dibalas oleh korsel dengan hujaman senjata yang mungkin bisa lebih berat lagi, terus bagaimana dengan warga sipil yang tidak tahu apa apa dengan masalah negara yang sedang dihadapi?? Warga sipil bisa menjadi korban dari keganasan dari kedua negara tersebut. Memang benar tindakan dari cina yang mendesak agar korsel dan korut berunding dan berdamai sangat setuju tetapi tidaklah mudah untuk dilakukan tetapi mengingat cina sendiri adalah sekutu terdekat dari korut kemungkinan perundingan dan perdamaian yang diusulkan tersebut bisa terlaksana kepada korsel tetapi korsel belum tentu mau dengan perdamaian tersebut mengingat korsel yang masih marah dengan korut dengan tindakan brutal tersebut bahkan korsel sendiri berjanji akan balas dendam dengan serangan tersebut. Tetapi semuanya bisa terjadi termasuk perdamaian tersebut tidak hanya cina saja yang bergerak untuk mendesak perdamaian tersebut dari negara lain termasuk indonesia juga harus bergerak aktif untuk terlaksanakannya perdamaian tersebut.

Apakah anda akan setuju dengan tindakan dari korut ini?? Apakah tindakan tersebut bisa menyelesaikan masalah?? Kalau jawaban saya sendiri tentu saja TIDAK!! Dengan cara tersebut akan menambah permasalahan menjadi makin rumit, tidak akan menyelesaikan masalah, entah kenapa korut malah mengunakan cara tersebut dengan cara tersebut padahal yang menjadi korban adalah warga sipil mereka sendiri bukannya warga sipil tersebut dilindungi malah menjadi korban dari keegoisan dari negara tersebut. sebaiknnya kedua negara tersebut segera berunding dan berdamai kalau mereka saling baku tembak sulit untuk menyelesaikan masalah ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline