Lihat ke Halaman Asli

Sindy Maghfiroh

Mahasiswa UPI Kampus Cibiru

KKN Tematik UPI 2022: Mahasiswa UPI Adakan Kegiatan "Bermain Sambil Belajar" sebagai Bentuk Pemanfaatan Internet untuk Belajar

Diperbarui: 1 September 2022   13:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan "Bermain Sambil Belajar" Bersama Anak-Anak/Dokumentasi pribadi

Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dari tanggal 11 Juli sampai dengan 10 Agustus 2022. Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan KKN Tematik UPI 2022 dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM. UPI mengangkat 18 tema SDG's yang dapat diterapkan oleh para mahasiswa di desa tempat KKN nya masing-masing.

Mahasiswa PGSD UPI Kampus Cibiru yang bernama Sindy Maghfiroh dari kelompok 159 melaksanakan Kegiatan KKN di Desa Karangwangun, Babakan, Cirebon dan mengambil tema infrastruktur dan inovasi sesuai dengan kebutuhan. Jaringan internet merupakan salah satu bentuk infrastruktur yang tersedia di setiap daerah. Keadaan jaringan internet di Desa Karangwangun cukup baik dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa dengan mudah. 

Pada saat ini internet banyak digunakan untuk mencari informasi. Mahasiswa melakukan pendataan kepada beberapa warga RW 02 terutama anak-anak tentang penggunaan internet. Hampir semua warga yang diwawancarai, menggunakan internet untuk mencari hiburan dan jarang sekali menggunakan internet untuk belajar.

Dokumentasi pribadi

Berdasarkan hasil pendataan tersebut, mahasiswa UPI mengadakan kegiatan pemanfaatan internet untuk belajar yaitu "Bermain Sambil Belajar". Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar anak-anak mengetahui bahwa internet bukan hanya bisa digunakan untuk mencari hiburan, melainkan juga dapat digunakan untuk belajar. Sehingga, diharapkan setelah kegiatan ini, ketika menggunakan internet di rumah, anak dapat menggunakannya untuk belajar dengan mencari informasi tentang pelajaran di internet.

Penjelasan Materi Pelajaran/Dokumentasi pribadi

Kegiatan ini diadakan oleh mahasiswa UPI selama 3 hari dengan materi pelajaran yang berbeda-beda. Kegiatan ini diikuti oleh sepuluh anak SD. Pada kegiatan tersebut, mahasiswa mengadakan kegiatan pembelajaran yang diawali dengan menjelaskan materi pelajaran yang dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi berupa pengerjaan kuis online dengan menggunakan aplikasi Quizizz. 

Pengerjaan Kuis Online Berbasis Aplikasi Quizizz/Dokumentasi pribadi

Kuis berbasis aplikasi Quizizz dilakukan secara online dengan memanfaatkan internet. Pengerjaan kuis dilakukan oleh setiap anak yang diadakan dalam bentuk perlombaan agar lebih menarik. Kuis yang dikerjakan berisi sepuluh pertanyaan seputar materi yang telah dijelaskan oleh mahasiswa.  Kuis dikerjakan oleh setiap anak dengan menggunakan bantuan laptop dan internet yang disediakan oleh mahasiswa. 

Pengerjaan kuis harus dilakukan dengan konsentrasi karena terdapat batas waktu pengerjaan di setiap soalnya. Pengerjaan kuis secara online yang diadakan diharapkan dapat dirasakan oleh anak-anak seperti sedang bermain game, karena tampilannya yang menarik.

Pemberian hadiah pada anak dengan poin tertinggi/Dokumentasi pribadi

Anak yang mendapatkan poin tertinggi dalam mengerjakan kuis akan mendapatkan hadiah berupa makanan. Pemberian hadiah ini dilakukan dengan tujuan agar anak-anak menjadi lebih semangat untuk belajar terutama bagi anak yang belum mendapatkan poin tertinggi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline