Lihat ke Halaman Asli

Sindy

Mahasiswa

Menyemai Bibit Literasi, Mahasiswa KKN MBKM Kampus Mengajar Untag Surabaya Bersinergi Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SMP Negeri 2 Kerek

Diperbarui: 14 Juli 2024   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Tuban, 21 Mei 2024~Program pengabdian yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia yaitu Kampus Mengajar, yang melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah dasar dan menengah, terutama di daerah-daerah terpencil atau yang kekurangan sumber daya. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dikenal dengan julukan Kampus Merah Putih ini mendukung penuh seluruh program MBKM termasuk program kampus mengajar dan mengikuti disetiap angkatan.

Pada program Kampus Mengajar angkatan 7, Sindy Utami mahasiswa Akuntansi Untag Surabaya di bawah bimbingan Maulidah Narastri S.E., M.A. selaku dosen pembimbing lapangan, dengan sekolah penugasan di SMP Negeri 2 Kerek  berkolaborasi bersama sekolah melaksanakan aksi kolaborasi dengan bentuk program peningkatan literasi dan numerasi.

Pengusulan program ini didasari karena rendahnya nilai numerasi AKM Nasional pada tahun yang lalu dan menjadi daftar prioritas sekolah untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Berbagai program inovatif seperti sudut baca dan pohon literasi, game numerasi menggunakan ular tangga, mengadakan festival literasi dan numerasi dan banyak pogram lainnya.Namun tidak dapat dipungkiri bahwa minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Kerek menjadi masalah pokok yang menimbulkan kurangnya nilai literasi dan numerasi pada siswa. "Harapannya melalui berbagai program yang ditawarkan oleh mahasiswa MBKM Kampus mengajar Untag Surabaya ini dapat menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran di dalam dan luar kelas. Minat dan semangat belajar siswa menjadi hal yang berdampak besar bagi seluruh rangkaian pembelajaran di sekolah". Ujar Sindy.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline