Hai...
Disini saya akan menuliskan beberapa hal yang telah dipelajari pada pembelajaran 3 dalam mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Dalam mata kuliah ini saya dibimbing oleh dosen PGSD yaitu Ibu Dr.Juliana Margareta Sumilat, S.Pd, M.Pd.
TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK
Menurut (Schunk, 1986)
Teori belajar behavioristik dikenal juga dengan teori belajar perilaku, karena analisis yang dilakukan pada perilaku yang tampak, dapat diukur, dilukiskan dan diramalkan. Belajar merupakan perubahan perilaku manusia yang disebabkan karena pengaruh lingkungannya.
Prinisip-prinsip dari teori belajar Behavioristik
(1) Teori belajar behavioristik menganggap bahwa yang disebut belajar adalah perubahan tingkah laku. Seseorang dikatakan telah belajar jika yang bersangkutan dapat menunjukkan perubahan tingkah laku,
(2) Teori ini menyimpulkan bahwa yang terpenting dalam belajar adalah adanya stimulus dan respon, karena hal tersebut dapat diamati, sedangkan yang dianggap adalah tidak penting karena tidak dapat dipertahankan, dan
(3) Penguatan adalah segala sesuatu yang dapat memperkuat timbulnya respon merupakan faktor penting dalam pembelajaran.
Teori ini juga memiliki ciri-ciri yaitu :
(1) mementingkan faktor lingkungan,