Lihat ke Halaman Asli

Dampak Penggunaan Teknologi Digital pada Produktivitas, Efisiensi Operasional, dan Peningkatan Pendapatan UMKM

Diperbarui: 30 Juni 2024   11:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era sekarang ini tentunya sudah tidak asing dengan "Teknologi Digital". Teknologi digital sendiri merupakan hasil dari berkembangnya teknologi digital komunikasi yang berbasis pada teknologi, contohnya nirkabel, jaringan, faks, perangkat dan sebagainya. 

Teknologi digital juga merajuk pada penggunaan teknologi computer dan elektronik untuk memproses, menyimpan dan mentransmisikan informasi secara digital. Wujud berkembangnya teknologi digital saat ini adalah wujud teknologi internet digital yang berpengaruh pada segala macam aktivitas manusia. 

Dengan adanya teknologi digital banyak orang yang memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan beberapa aktivitas seperti transaksi jual beli menggunakan teknologi digital berbasis internet. Apalagi di era sekarang ini sudah banyak orang yang sudah memiliki handphone, bahkan hamper setiap rumah sudah memiliki handphone sendiri.

Di era sekarang ini juga sudah tidak perlu susah-susah pergi ke suatu tempat atau pasar jika ingin membeli barang atau apapun, karena semua itu bisa dilakukan di rumah lewat handphone. Semua itu terjadi karena dampak dari adanya teknologi digital yang semakin canggih ini, sehingga memudahkan bagi para pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis mereka. 

Teknologi digital telah membawa berbagai perubahan yang signifikan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Teknologi digital telah membuka pintu akses UMKM ke pangsa pasar global melalui platform e-commerce seperti Tokopedi, Bukalapak, Shopee dan Lazada. Ini adalah peluang bagi UMKM untuk memperluas jangkauan produk mereka hingga ke luar negeri, meningkatkan omset, dan meraih pertumbuhan yang lebih luas. 

Selain akses pasar global, teknologi digital juga memberikan kesempatan kepada UMKM umtuk memperoleh informasi pasar melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Dengan adanya data tentang kebutuhan pelanggan dan tren pasar, UMKM dapat merancang strategi pemasaran yang lebih cerdas, mendukung pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Penggunaan teknologi digital juga memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek operasional dan kinerja UMKM, termasuk produktivitas, efisiensi operasional, dan peningkatan pendapatan sehingga banyak UMKM yang merasa dibantu dengan adanya teknologi digital ini, semuanya bisa dilakukan dengan mudah karena adanya teknologi digital.

Dengan memanfaatkan aplikasi perangkat lunak untuk mengelola inventaris, mencatat keuangan, dan mendapatkan wawasan tentang pasar dapat meningkatkan efisiensi dan daya saing UMKM. Dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi khusus UMKM yang terjangkau dan mudah digunakan telah berkembang dan membantu UMKM mengatasi hambatan manualitas dalam pengelolaan usaha.

Pada produktivitas UMKM, teknologi digital memungkinkan otomatisasi berbagai tugas rutin seperti akuntansi, manajemen inventaris, dan pemasaran, sehingga karyawan dapat focus pada tugas-tugas yang lebih strategis dan kreatif. Selain itu, teknologi digital juga menyediakan akses cepat dan mudah pada informasi bisnis penting dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan cepat.  

System Manajemen Informasi (MIS) dan data analytics juga membantu UMKM mengidentifikasi peluang dan tantangan dengan lebih efisien. Misalnya, penggunaan perangkat lunak akuntansi dapat mengotomatisasi pembukuan dan laporan keuangan. Alat komunikasi sepertu email, aplikasi pesan instan, dan platform kolaborasi online memfasilitasi komunikasi yang cepat dan efektif antara anggota tim dalam meningkatkan produktivitas kerja.

Pada efisiensi operasional, teknologi digital seperti system manajemen inventaris dan logistic, membantu UMKM mengelola rantai pasok mereka dengan lebih efektif, mengurangi biaya penyimpanan dan mengoptimalkan stok. System manajemen persediaan juga dapat membantu UMKM mengidentifikasi tren penjualan dan mengoptimalkan operasional bisnis.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline