Lihat ke Halaman Asli

Market Day di TK Fadhilah Amal 3 Padang Menumbuhkan Kreativitas Jiwa Wirausaha Anak Usia Dini

Diperbarui: 23 Juni 2023   12:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

dokpri

dokpri

dokpri

dokpri

dokpri

MARKET DAY DI TK FADILLAH AMAL 3 PADANG MENUMBUHKAN KREATIVITAS JIWA WIRAUSAHA ANAK USIA DINI


Dosen Pengampu : Ibu Dra. Zulminiati, M. Pd
Oleh : Sindi Cahaya Fitri , Mira Asrianti, Nurul Hilda Ningsih

Kewirausahaan adalah suatu kegiatan, proses dan konsep yang melibatkan penciptaan usaha. (Yahya, 2020). Market  Day sering diartikan sebagai jual beli dalam kegiatan berwirausaha untuk mengenalkan beberapa tata cara memasarkan produk baik berupa makanan,dan minuman. Kegiatan market day ini merupakan kegiatan memasarkan produk kepada teman sebaya, guru bahkan orang tua yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, kegiatan ini berbentuk bazar atau pasar yang diselenggarakan bersama-sama dengan berpotensi sebagai pembeli dan penjual, dengan adanya kegiatan ini anak dapat melakukan interaksi langsung dengan teman sebaya , guru , bahkan orangtua guna untuk menjajakan barang dagangan mereka masing-masing (Juwita et al., 2022).

Proses penanaman nilai-nilai kewirausahaan melalui pembelajaran market day dilakukan secara bertahap dengan cara memilih sejumlah nilai pokok sebagai pangkal tolak bagi penanaman nilai- nilai diantaranya mandiri, tanggung jawab, percaya diri, leadership, Kerjasama, motif berprestasi, nilai religious, dan berani menanggug resiko (Sugianti et al., 2020).

Praktek Wirausaha “Market Day” dilaksanakan di TK FADILLAH AMAL 3, yang beralamat di Jl. Jambu, Dadok Tunggul Hitam, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi tugas proyek akhir Mata Kuliah Kewirausahaan PAUD dengan Dosen Pengampu : Ibu Dra. Zulminiati, M. Pd. Pada saat kegiatan Market Day berlangsung ada beberapa menu makanan yang dibuat dan dijual oleh anak yaitu Keripik Bayam Crispy, Sempol Tahu, dan Roti Crispy.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline