Lihat ke Halaman Asli

Dakwah dan Media Sosial

Diperbarui: 8 September 2023   20:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dakwah merupakan proses transendensi dan imanensi sekaligus membangun kesadaran ketuhanan secara vertikal dan mengimplementasikan ajran keislaman dalam hidup. Menurut Arifin dalam Sukayat, dakwah merupakan kegiatan menyeru dan mengajak kepada kebaikan serta berusaha memengaruhi orang lain secara individu maupun kelompok, agar muncul kesadaran serta sikap penghayatan terhadap ajaran agama yang disampaikan tanpa adanya paksaan. Meskipun zaman terus berkembang, kewajiban berdakwah tidak akan luput dari diri umat muslim.

Hakikat dakwah sering kali dimengerti sebagai upaya memberi solusi berdasarkan agama Islam terhadap beragam permasalahan kehidupan. Hal ini meliputi seluruh aspek seperti ekonomi, sosial, budaya, hukum, politik, dan sebagainya. Oleh karena itu, memilih metode dakwah yang tepat dapat mempermudah dai dalam menentukan sikap dan mengetahui kondisi mad'u. Tanpa cara yang tepat, aktivitas dakwah akan berputar dalam pemecahan masalah dan solusi.

Di masa sekarang ini media sosial sudah digunakan oleh banyak kalangan, tidak hanya sebagai media berkomunikasi tetapi jugsa untuk memperoleh informasi. Beberapa media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat umum adalah Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, dan lain sebagainya. Media komunikasi yang semakin dinamis dalam perkembangan situasi masyarakat juga dapat dimanfaatkan sebagai media berdakwah. Media merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan, hal ini dapat merujuk pada bentuk pesan hingga cara yang digunakan dalam menghantarkan pesan.

Media sosial menjadi platform baru yang popular ditengah masyarakat sebagai alat bertukar informasi. Media sosial memungkinkan penggunanya untuk berpartisipasi dan memberikan feedback secara terbuka dengan memberikan komentar terhadap informasi yang dibagikan. Menurut Azhar dalam Ruliana, media sosial adalah salah satu bentuk media baru yang berfungsi sebagai sarana bertukar informasi, berinteraksi, dan mempublikasikan kehidupan sehari-hari.

Youtube merupakan media audio visual dalam menyampaikan pesan informasi dengan jangkauan yang luas. Selain sebagai media hiburan, media Youtube juga digunakan sebagai media edukasi hingga berdakwah. Dengan sasaran dakwah khalayak ramai atau publik, Youtube bisa menjadi media yang efektif dalam menyampaikan dakwah dengan jangkauan lebih luas.

Youtube sebagai media bertukar informasi dapat dimanfaatkan sebagai media dakwah oleh para dai, sehingga kegiatan dakwah tidak lagi terbatas melalui mimbar dan pengajian tetapi dapat menjangkau masyarakat lebih luas. Selain itu, adanya media sosial juga menjadi tantangan baru agar da.i lebih kreatif dan inovatif untuk memanfaatkan media Youtube sebagai media dakwah, sekaligus membuktikan bahwa aktivitas dakwah juga mengalami kemajuan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline