Lihat ke Halaman Asli

Simson Hutagalung

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO 2021

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Mengedukasi Pembuatan Handsanitizer Otomatis kepada Warga

Diperbarui: 7 Agustus 2021   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembuatan Rangkaian Sensor Jarak Infrared pada Handsanitizer Otomatis (28/7)

Kelurahan Sambiroto, Semarang (31/7) – Di masa pandemi COVID-19 yang masih berlanjut sampai saat ini, tetap mematuhi protokol kesehatan merupakan kunci utama untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 yaitu; dengan selalu menerapkan sikap 5M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas). Dalam mencuci tangan atau penggunaan handsanitizer, umumnya kita tetap melakukan kontak fisik pada bagian keran, wadah sabun, atau wadah handsanitizer.

Maka dari itu, mahasiswa KKN Tim II UNDIP yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di tengah pandemi COVID-19 ini, memiliki inovasi baru dengan cara membuat alat handsanitizer otomatis yang menggunakan sensor jarak infrared sebagai bentuk upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Untuk membuat handsanitizer otomatis tersebut cukup simpel, yaitu merangkai sensor jarak infrarednya kemudian menyiapkan casing dan wadah handsanitizer otomatisnya.

Casing Triplek pada Handsanitizer Otomatis (28/7)

Kelurahan Sambiroto, Semarang, khususnya di RW 07 merupakan salah satu lingkungan yang beberapa warganya terkonfirmasi positif COVID-19. Dengan dilakukannya edukasi pembuatan handsanitizer otomatis oleh mahasiswa KKN kepada warga di RW 07 seperti membagikan modul pembuatan handsanitizer otomatis dan menampilkan video pembuatannya, diharapkan warga mampu memahami dan bila perlu juga bisa membuat sendiri handsanitizer otomatis agar mengurangi kontak fisik dan memutus rantai penyebaran COVID-19 yang masih berlanjut. 

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Sedang Mengedukasi Pembuatan Handsanitizer Otomatis Kepada Warga RW 07 Kelurahan Sambiroto (31/7) 

Selain mengedukasi warga, mahasiswa KKN tersebut juga memberikan handsanitizer otomatis kepada warga RW 07 yang diserahkan langsung kepada Ketua RW 07. Rencananya handsanitizer otomatis yang diserahkan tersebut akan diletakkan di Masjid yang berada di lingkungan RW 07, yang merupakan tempat ibadah dan ramai dikunjungi warga. 

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Memberikan Handsanitizer Otomatis Kepada Ketua RW 07 (1/8) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline