Lihat ke Halaman Asli

SimpliDOTS Articles

Digital Marketing Specialist at SimpliDOTS

Tips Sukses Menjadi Distributor Baju Langsung dari Pabrik

Diperbarui: 29 Maret 2023   19:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: fashinza.com

Sadarkah Anda bahwa sekarang ini semakin banyak saja orang-orang yang membangun bisnis? Ada banyak hal yang menyebabkan orang-orang membangun bisnisnya. Ada yang membuka usaha sendiri setelah dirumahkan akibat pandemi Covid-19, perusahaan yang gulung tikar, pengurangan kerja karyawan, dan lain sebagainya. Orang-orang yang berani memulai bisnis adalah orang yang kuat dan tangguh, ia juga harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi. Selain itu ia juga harus mampu berinovasi dan mengetahui target pasar. Nah, kali ini kita akan bagi tips untuk anda yang ingin menjadi sukses sebagai distributor baju langsung dari pabrik. 

Pada awalnya, banyak orang yang memulai bisnis dengan koneksi yang dimiliki. Tapi selain itu juga ada yang bermodalkan nekat, pengetahuan, modal uang dan lain sebagainya. Salah satu bisnis yang dapat dijalankan oleh siapa saja yang memiliki gudang untuk menyimpan produk adalah bisnis distributor.

Bisnis Distributor itu Apa?

Banyak orang yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan bisnis distributor. Padahal untuk menjalankan suatu bisnis, pengetahuan akan distributor sangatlah diperlukan. Distributor memiliki peran untuk memasok berbagai produk atau barang, contohnya memasok produk ke warung-warung kecil. Jadi dapat dikatakan bahwa esensi dari bisnis distributor adalah menjadi penengah untuk produsen dan juga penjual.

Jika Anda berminat menjalankan bisnis distributor, cobalah untuk melihat di sekitar kota Anda apakah sudah banyak distributor? Jika belum, maka bisa menjadi peluang usaha yang sangat baik untuk Anda. Ada 2 modal utama yang perlu Anda siapkan jika ingin menjalankan bisnis distributor, yaitu gudang untuk menyimpan stok barang atau produk dan juga ketelitian yang tinggi.

Kemampuan Apa yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjalankan Bisnis Distributor?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ketelitian sangatlah penting. Teliti tingkat tinggi diperlukan untuk mendata berbagai produk yang ada. Karena jika Anda kurang teliti bisa saja produk tercecer atau bahkan tertinggal. Tidak hanya itu, Anda juga harus teliti dalam menyortir berbagai produk yang masuk sesuai dengan kategori dan usia simpan produk.

Agar bisnis bisa berjalan dengan baik, Anda harus memastikan klien atau pembeli yang setia dan sepakat dengan ketentuan yang sudah disepakati sebelumnya, jadi keduanya harus saling menguntungkan. Usahakan agar klien tetap bekerjasama dengan Anda. Karena seperti yang diketahui, bisnis akan berjalan dengan lancar jika terdapat klien atau pelanggan yang setia.

Seorang distributor wajib memiliki 3 kemampuan, apa saja ya? mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

1. Negosiasi

Untuk seseorang yang berkecimpung di dalam bisnis, pastinya negosiasi menjadi hal yang harus dilakukan. Kemampuan Anda untuk bernegosiasi haruslah diasah, karena ada banyak sekali penjual yang mencari distributor dengan harga termurah demi bisa mendapatkan keuntungan lebih. Namun jika Anda memberikan harga yang terlalu murah untuk klien, bisa-bisa keuntungan yang Anda dapatkan sangat kecil atau bahkan tidak ada keuntungan sama sekali. 

Maka dari itu, kemampuan negosiasi sangatlah penting untuk Anda miliki. Meskipun klien Anda memaksa untuk bisa mendapat harga termurah, tapi jika Anda bernegosiasi dengan baik maka klien pun bisa setuju dengan harga yang Anda tawarkan. Margin yang lebih besar pun bisa Anda dapat dengan negosiasi yang baik.

2. Mencari Klien

Mencari klien memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Klien yang "menguntungkan" distributor adalah klien yang loyal dan juga bisa menjalin kerjasama dengan baik dalam waktu yang lama. Untuk mencari klien ini sebenarnya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara offline dan secara online.

3. Manajemen Logistik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline