Lihat ke Halaman Asli

SimpliDOTS Articles

Digital Marketing Specialist at SimpliDOTS

Apa Itu Marketing Automation, Solusi Pemasaran Bisnis?

Diperbarui: 20 Maret 2023   06:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: bookahq.com


Apa Itu Marketing Automation?

Marketing automation atau automasi pemasaran adalah pemanfaatan teknologi perangkat lunak untuk mengelola tugas-tugas marketing, singkatnya praktik marketing yang tadinya manual diotomatisasikan oleh suatu sistem.

Automasi pemasaran dilakukan untuk membantu bisnis Anda mengidentifikasi pelanggan yang potensial serta membantu memelihara prospek penjualan. Marketing automation dapat ditargetkan mengirim pesan otomatis kepada pelanggan setelah sebelumnya tim marketing membuat instruksi yang terkait.

Selain tugas marketing potensial jangka panjang tersebut, marketing automation bisa juga dibuat untuk memproses kerja kampanye digital atau tugas-tugas marketing lain yang kompleks. Automasi pemasaran dapat menyederhanakan tugas tersebut sehingga waktu yang digunakan dapat dialihkan pada aspek lain yang lebih prioritas.

Penggunaan Marketing Automation pada Bisnis

Marketing automation memang digunakan untuk membantu pemasaran sebuah bisnis, namun dalam penggunaannya disesuaikan dengan model bisnis dan target automasi pemasarannya.

Penggunaan pertama ditujukan untuk business to consumers (B2C) atau penjualan langsung untuk konsumen. Model penggunaan automasi pemasaran pada konsumen yang sudah ada dan bisa dipertimbangkan untuk digunakan ada welcome mail, pesan ulang tahun atau anniversary, peluncuran produk baru, newsletter, email reminder, atau feedback atau review untuk memantau tentang keluhan produk Anda.

Sementara penggunaan lainnya adalah untuk penawaran jasa atau produk ke pebisnis lain yang lebih dikenal dengan istilah B2B atau Business to Business. Penerapannya dalam B2B digunakan untuk mengirim email yang isinya edukasi pada calon pelanggan, autoresponder, atau pengelolaan data pelanggan untuk dianalisis.

Kedua model penggunaan yang telah disebutkan sudah lumrah digunakan oleh bisnis-bisnis yang memaksimalkan penggunaan marketing automation dan membantu kerja marketing mereka.

Fitur-fitur Marketing Automation yang Bisa Dimaksimalkan

Banyak fitur-fitur atau komponen yang jika dimanfaatkan dengan baik akan memberikan dampak yang signifikan pada hasil penjualan. Beberapa fitur yang dapat dimaksimalkan itu antara lain: 

  • Pemeliharaan prospek

Pemeliharaan prospek yang terukur dengan menawarkan informasi yang relevan akan memikat pelanggan Anda. Lebih dari itu, Anda dapat mengembangkan mereka dengan cara terbaik, mengevaluasi kesiapan membeli, dan lain-lain. Untuk memelihara prospek dapat dilakukan dengan cara mengirim email secara otomatis.

  • Pemasaran email yang dipersonalisasi

Personalisasi akan selalu membuat kesan baik pada pelanggan karena mereka akan merasa diperhatikan dan karena itu mereka menganggap dirinya berharga. Kesan demikian tentu penting untuk membantu bisnis mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

  • Manajemen kampanye

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline