Lihat ke Halaman Asli

Seno Rocky Pusop

@rockyjr.official17

Om Jo, Sang Mutiara dari Timur

Diperbarui: 7 Maret 2024   03:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dr. Johannes Leimena (Instagram/ppgmki)

Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia organisasi, teristimewa Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia atau singkat disebut GMKI. Tentu tidak asing dengan tokoh yang satu ini.

Pemilik nama lengkap Dr.  Johannes Leimena atau kerap disapa "Om Jo" merupakan seorang Pahlawan Nasional yang dikukuhkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden No. 52 TK/2010 pada tahun 2010.

Om Jo bersama Bung Karno (Instagram/ppgmki)

Johannes Leimena lahir di Ambon, Maluku, 6 Maret 1905 - meninggal di Jakarta, 29 Maret 1977 pada usia 72 tahun. Ia merupakan tokoh politik yang paling sering menjabat sebagai menteri kabinet Indonesia dan satu-satunya menteri Indonesia yang menjabat sebagai menteri selama 21 tahun berturut-turut tanpa terputus.

Beliau pernah aktif di jong Ambon dan ikut mempersiapkan Kongres Pemuda Indonesia 28 Oktober 1928, yang menghasilkan Sumpah Pemuda.

Menempuh pendidikan Kedokteran di STOVIA Surabaya (1930) dan melanjutkan pendidikan di Geneeskunde Hogeschool (GHS - Sekolah Tinggi Kedokteran) di Jakarta yang diselesaikannya pada tahun 1939.

Om Jo dengan sebutan khas bagi beliau,  bukan sekadar seorang dokter. Dia juga seorang pemikir yang moncer. 

Menurut buku Johannes Leimena: Negarawan Sejati dan Politisi Berhati Nurani (2007), semasa menjadi Menteri, Om Jo bersama beberapa tokoh lainnya menggagas Bandung Plan pada 1951 dan mencetuskan ide untuk mengintegrasikan institusi kesehatan di bawah satu pimpinan supaya lebih efektif dan efisien dalam pelayanan kesehatan.

Gagasan itu pun ditindaklanjuti dengan membuat Tema Work dalam pelayanan kesehatan pada tahun 1956, gagasan ini kemudian terus dikembangkan. 

(Source : instagram/ppgmki)

Dalam perjalanannya, integrasi institusi kesehatan yang hingga ke level kecamatan itu dikenal dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS).

Selain merintis cikal bakal Puskesmas, sebagai politisi sejak muda, Om Jo juga dikenal di bidang politik. Pada tahun 1945, dia turut serta mendirikan Partai Kristen Indonesia (Parkindo). 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline