Lihat ke Halaman Asli

Pondok Pesantren Modern Darul Mursyid Simanosor Julu

Diperbarui: 28 Desember 2023   02:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber dari dokumen perjalanan pribadi lintas sumatera 

Bila anda berada di Kecamatan Saipardolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara, tentunya dapat berkunjung kesebuah pesantren modern. Nama pondok pesantren tersebut adalah Pondok Pesantren Modern Darul Mursyid Simanosor Julu. Pondok pesantren didirikan oleh tokoh masyarakat Simanosor Julu bapak Drs H  Ihutan Ritonga dan Hj Riana Siregar  pada tanggal  15 maret 1993. 

Dibangunnya pondok pesantren ini merupakan upaya untuk memajukan kampung Simanosor Julu sehingga menjadi terkenal sampai manca negara. Pondok pesantren yang dibangun diatas perbukitan dengan latar belakang Dolok Suanon dengan hamparan sawah yang menghijau dan sederetan pepohonan yang menjulang. Santri berasal dari perjuru nusantara dan dari kampung Simanosor Julu dan para guru berasal dari pondok pesantren terkenal di Indonesia seperti Pondok Pesantren Gontor Jawa Timur.

Pondok pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren terbaik di Sumatera Utara dan telah menghasilkan banyak lulusan yang bekerja sebagai guru, ustadz, TNI, Polri, PNS, Pengusaga, Pakar Hukum, Hakim, dan lain lain. Para santri diarahkan untuk mengikuti kegiatan pencinta alam karena mengembangkan keindangan alam sekitar pondok pesantren. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para santri dan orang tua santri.  Ditambah dengan keindahan alam sekitar yang menarik untuk dinikmati oleh pengunjung ke pondok pesantren ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline