Lihat ke Halaman Asli

Mendidik Harus Didasari dengan Hati

Diperbarui: 23 Oktober 2023   04:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saat ini banyak terjadi penyompangan prilaku pada siswa dan berakibat fatal bagi dunia pendidikan. Keluhan guru, orang tua, dan lingkungan madyarakat sangat dirasakan jarena prilaku siswa sudah mengganggu ketenangan. Akar permasalahan yang terjadi karena dalam mendidik guru kurang menggunakan pendekatan hati. Saat ini guru masih banyak dalam mendidik hanya mengutamakan kemampuan akademik dan kurang memperhatikan pengembangan prilaku siswa.

Sejalan dengan itu tentunya guru harus melakukan terobosan dalam mendidik siswa dengan mengutamakan perubahan prilaku pada siswa. Guru harus lebih menjadi teladan bagi siswanya dalam kehidupan sehari hari. Guru harus mempunyai kriteria amanah, jujur, cerdas, dan sikap sosial yang tinggi agar keteladanannya dapat ditiru oleh siswa.

Marilah kita bertindak dengan menggunakan hati dan pendekatan sosial yang baik. Jadikalah siswa sebagai majhluk sosial yang dinamis dan berkarakter untuk menuju perubahan prilaku yang lebih bsik. Tidak ada manusia yang dilahorkan dalam keadaan bersalah namun suci bersih. Tinggal bagaimana guru dan orang tua mengisinya dengan kebaikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline