Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Sosok Thariq bin Ziyad Sang Penakluk Cordoba

Diperbarui: 19 Juli 2023   02:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Seorang tokoh Islam yang mendapat julukan Sang Penakluk bernama Thariq bin Ziyad yang lahir di Kenchela, Aljazair,Afrika Bagian Utara pada tahun 670 M dan meninggal di Damaskus, Suriah pada tahun 720 M. Dalam bahasa Spanyol dia dijuluki dengan Taric el Tuerto yang berarti Taric yang memiliki mata satu. Dia merupakan Panglima Terbesar Islam pada masa Bani Umayyah dan dapat menundukkan Andalusia. 

Kehebatannya dalam memimpin pasukan Islam untuk menyebrangi Selat Gibraltar menuju daratan Eropa atas perintah Khalifah Al Walid bin Abdul Malik. Walaupun Thariq bin Ziyad bukan orang Arab namun merupakan Suku Nafzah dan anggota Suku Barbar di Maroko namun perjuangannya luar biasa.

Ada beberapa peperangan yang dapat diselesakan oleh Thariq bin Ziyad antara lain: Pembebasan Kota Cartagena, Pertempuran dengan Theodomir, Pembebasan Kota Algeciras, Pertempuran Guadalete, Pembebasan Kota Sidonia, Pembebasan Kota Moron, Pembebasan Kota Carmona,  Pembebasan Kota Kordoba, Pembebasan Kota Granada, Pembebasan Kota Toledo, dan Pembebasan Kota Medinat Al-Maida. Sungguh merupakan seorang Panglima Perang yang tangguh dan berani sehingga sangat ditakuti lawannnya.

Sebagai catatan ada beberapa nama dari sejarawan yaitu: Thariq dengan Thariq bin Abdullah bin Wanamu al-Zanati, Thriq bin Zyd bin Abdullah bin Walgh bin Warfajm bin Nabarghsan bin Walh bin Yafat bin Nafzw, dan Triq bin Zyd bin Abdullah bin Rafh bin Warfajm bin Yanzghsan bin Walh bin Yafat bin Nafzw. Dan Thariq bi Ziyad sangat dikenal dengan Sang Penakluk Kordoba, Andalusia, Spanyol dan namanya diabadikan pada selat Gibraltar ( Jabal Thariq ). Semoga informasi in menjadi bahan pustaka bagi seorang muslim dalam mengetahui Sejarah Islam.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline