Lihat ke Halaman Asli

Mencegah Pertikaian Dalam Masyarakat

Diperbarui: 9 Mei 2023   04:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

( www.beritasatu.com )

Terkadang kita sering mendengar pertikaian dalam masyarakat dan penyebabnya karena terjadi gesekan antar individu, antar kelompok, dan lain lain. Permasalahan yang timbul terkadang berasal dari persoalan sepele yang dibesar besarkan. Nah inilah yang harus diselesaikan dengan mencari solusi tepat sehingga pertikaian yang terjadi tidak berkepanjangan. Para pemimpin masyarakat harus bekerja sama mencari solusi pertikaian yang terjadi dibantu oleh aparat keamanan. Disamping itu perlu adanya pembinaan kepada masyarakat yang bertikai dan memberikan pemahaman agar peristiwa seperti itu tidak terulang kembali. Dampak dari pertikaian tersebut berdampak sangat besar bagi stabilitas lingkungan.

Sebelum terjadi pertikaian dalam masyarakat tentunya perlu dicegah dengan pembinaan terhadap mereka dengan memberikan pengertian yang mendalam. Para tokoh masyarakat mengadakan pertemuan dengan masyarakat lingkungannya bersama aparat keamanan sehingga pertikaian tersebut dapat diatasi. Mereka harus diberikan solusi terbaik terhadap sumber pertikaian yang terjadi dan aparat keamanan dapat mengatisipasinya dengan bijaksana. Tidak ada persoalan yang timbul dalam masyarakat tanpa solusi penyelesaiannya. Berikan pemahaman tentang komunikasi dua arah diantara masyarakat yang bertikai dan damaikan mereka dengan bijaksana.

Marilah kita sadari bahwa pertikaian dalam lingkungan masyarakat berdampak besar terhadap stabilitas keamanan dan masalah sosial yang berkepanjangan. Semoga dengan berkoordinasinya para tokoh masyarakat dengan lingkungan yang dibantu oleh aparata keamanaan dapat membuat lingkungan menjadi aman dan damai. Tidak ada gading yang tak retak maka kita harus kembali bersatu dan mengedepankan persatuan. Terapkan ajaran agama kedalam pergaulan di masyarakat dengan bijaksana dan mengutamakan perdamaian dan kebersamaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline