Lihat ke Halaman Asli

Siman

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar, Setiap Langkah adalah Ibadah

Inovasi dan Kreativitas Guru MAN 1 Sleman, Ajak Siswa Studi Lapangan

Diperbarui: 8 Februari 2022   18:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siswa wawancara dengan pemilik  usaha ayam pedaging/dokpri

Sleman (MAN 1 Sleman)_Inovasi dan kreatifitas seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran sangat diperlukan. Hal ini untuk menunjang pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Salah satu inovasi dan kreatifitas dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan dengan melakukan pembelajaran di tempat usaha. Siswa yang sudah termotivasi, diharapkan dapat menumbuhkan kreatifitas siswa dalam belajar. Pembelajaran yang kreatif dan inovatif akan menarik perhatian siswa untuk mengembangakan materi belajar sendiri.

Selain itu, guru sebagai pekerja profesional dituntut memiliki kreativitas dan inovasi dalam setiap melaksanakan pembelajaran. Sebagaiman yang dilakukan Ernawati, S.E, guru mata pelajaran prakarya MAN 1 Sleman mengajak siswa untuk studi lapangan di Kandang Ayam Pedaging milik Bapak Huda di dusun Dagen, Sumberrahayu, Moyudan Sleman, Yogyakarta, Senin (7/2/2022).  Hal ini dilakukan dalam rangka memperjelas pemahaman teori dan menambah wawasan siswa,

Kandang ayam milik Pak Huda/dokpri

Menurut Erna, Kunjungan studi lapangan ini perlu dilakukan untuk menunjang pemahaman teori  mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada materi wirausaha budi daya unggas pedaging. " Dengan pembelajaran ini siswa diharapkan dapat menggali pengalaman secara langsung dari pelaku usah," terang Erna. Selain itu,  kegiatan ini merupakan upaya untuk menumbuhkan jiwa wira usaha siswa.

"Siswa kelas XII IPS 1 berjumlah 36 siswa terbagi menjadi  sembilan kelompok. Masing-masing kelompok terdiri empat siswa.  Setiap kelompok dipersilahkan untuk mengamati dan melakukan wawancara kepada pemilik usaha. Setelah itu, setiap kelompok diminta membuat laporan hasil studi lapangan yang telah dilakukan,"tambah Erna.

Menurut Husamah (2013:19), pembelajaran di luar kelas merupakan aktivitas luar sekolah yang berisi kegiatan di luar kelas/sekolah dan di alam bebas lainnya, seperti: bermain di lingkungan sekolah, taman, perkampungan pertanian/nelayan, berkemah, dan kegiatan yang bersifat kepetualangan, serta pengembangan aspek pengetahuan yang relevan.

Sesuai pendapat tersebut, studi lapangan merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa. Siswa dapat melaksanakan aktivitas belajarnya di luar kelas/sekolah seperti halnya kunjungan siswa di tempat  usaha ayam pedaging tersebut. Tentu saja  dengan tujuan untuk melibatkan siswa memperoleh pengalaman langsung. Sehingga siswa termotivasi dan  lebih akrab terhadap lingkungan masyarakat dan dunia usaha.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline