Lihat ke Halaman Asli

Siman

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar, Setiap Langkah adalah Ibadah

Bekali Keterampilan Bisnis, Siswa MAN 1 Seman Praktik Cetak Mug

Diperbarui: 1 Februari 2022   14:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok MAN 1 Sleman

Salah satu program keterampilan yang diselenggarakan MAN 1 Sleman adalah Desain Grafika.  Program ini untuk memberikan solusi peserta didik yang akan berbisnis atau bekerja setelah lulus. Desain Grafis merupakan solusi peluang bisnis yang dapat dilakukan dan dikembangkandengan modal relatif kecil . Selain itu desainer yang terampil dan handal dapat  bekerja di berbagai tempat, seperti percetakan, digital printing, Studio foto, Penerbit buku, hingga menjadi wirausahawan dalam bidang grafika.

"Salah satu peluang bisnis yang mempunyai prospek bagus adalah sablon mug gelas. Usaha ini dapat berjalan dengan modal yang relatif kecil," kata Hj.Fatimah, S.Pd, guru keterampilan Desain Grafika ketika membimbing siswa praktik membuat Mug di ruang praktik, Selasa (25/1/2022).  "Bisnis mug memiliki peluang yang banyak  menguntungkan. Kebanyakan orang  mencari mug untuk  souvenir," lanjut Hajah untuk memotivasi siswa.

"Biasanya suvenir itu dibagikan kepada tamu undangan dalam acara tertentu. Sehingga orang yang memesan mug selalu dalam jumlah yang banyak. Ini merupakan peluang untuk mengumpulkan untung yang banyak juga. Bahkan kadang-kadang para konsumen memesan  tambahan warna atau gambar tertenu pada mug. Semoga keterampilan ini bisa dikembangkan sendiri oleh siswa,"  tambahnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline