Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi awal yang mendukung masa perkembangan dan pertumbuhan anak di masa yang akan datang. Pendidikan anak usia dini bertujuan untuk memberi stimulasi/rangsangan pada anak usia 0- 6 tahun,agar anak siap untuk memasuki pendidikan tingkat selanjutnya. Masa usia dini biasa di sebut dengan masa "golden age" yang di tandai dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi secara cepat pada aspek-aspek perkembangan anak.
Fisik motorik adalah satu aspek perkembangan anak yang paling penting. Fisik motorik menjadi titik awal penentuan perkembangan dan pertumbuhan anak. Fisik motorik perlu dikembangkan sejak dini karena pada masa usia dini anak mudah menerima ketrampilan baru yang di ajarkan. Pada masa usia dini anak juga memiliki keberanian yang lebih dalam mencoba sesuatu dibanding orang dewasa.
Salah satu cara menstimulasi perkembangan fisik motorik anak usia dini yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran.Media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak. Mengingat masa usia diniMedia pembelajaran dapat berupa media nyata media cetak, media visual diam dan gerak, media audiovisual.Dengan berbagai media tersebut dapat melatih perkembangan fisik motorik anak baik fisik motorik kasar ataupun motorik halus anak
Agar media pembelajaran dapat dimanfaatkan dengan baik, guru perlu mengetahui kebutuhan pembelajaran nya dan permasalahan permasalahan yang di hadapi anak. Media perlu dikembangkan berdasarkan relevansi, kompetensi dasar, materi dan karakteristik siswa. Guru dapat berperan sebagai kreator dan siswa sebagai orang yang memanfaatkan media pembelajaran yang dibuat guru.
Itulah yang peran media pembelajaran dalam mengembangkan fisik motorik anak usia dini
Dosen Pengampu:Gandhes Sembodro Budy, M. Pd
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H