Lihat ke Halaman Asli

Kesadaran Diri, Proses Awal Komunikasi ?

Diperbarui: 8 November 2018   16:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Menjadi sebuah dasar penting bagi anak-anak untuk melatih sifat sosialnya agar kelak anak menjadi makhluk yang dapat menempatkan dirinya ke dalam lingkungan masyarakat. 

Sudah bukan asing lagi masa kanak-kanak menjadi masa keemasan, karena pada masa itu anak cepat sekali dalam menyerap sebuah informasi. Sebuah informasi yang diterima anak-anak akan langsung diserap tanpa tahu mana yang baik ataupun yang buruk, berbeda dengan orang dewasa yang sudah tahu bagaimana memilah informasi yang baik maupun tidak.

 Dengan hal ini perlu kita manfaatkan kesadaran anak dalam mengajar segala hal penting bagi anak seperti bahasa, kognitif serta tidak ketinggalan yaitu tentang sosial.

Dalam kegiatan bermain, anak secara tidak langsung melakukan sebuah kegiatan sosial dengan bentuk komunikasi tentang permainan apa yang diinginkan, berkenalan dengan teman baru dll. 

Perkembangan sosial anak meliputi bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan orang, cara bekerjasama, menyesuaikan dengan norma-norma yang berlaku pada masyarakat. 

Perkembangan ini sangat berpengaruh pada anak sesuai dengan bagaimana orangtuanya ataupun guru mereka mengajarkannya. Tidak perlu memaksakan anak saat bersosialisasi tetapi dengan secara bertahap dengan ini anak akan melakukannya dengan tanpa rasa tertekan, ketika kita memaksakan seorang anak untuk bersosialisasi anak akan menjadi merasa tertekan dan juga bisa-bisa anak menjadi anak yang antisosial. 

Menurut Hurlock, seseorang akan mampu bersosialisasi dengan baik jika ia sudah memenuhi 3 langkah :

  1.  Memiliki perilaku sesuai dengan lingkungan masyarakat sehingga anak akan mampu bersosialisasi dengan baik karena setiap masyarakat memiliki norma yang berbeda-beda sehingga anak akan lebih mudah diterima oleh masyarakat. 
  2. Berperan sesuai dengan peran yang diterima dalam sebuah anggota masyarakat. 
  3.  Mampu bersosialisasi dengan baik dan bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada pada masyarakat

Anak yang mampu bersosialisasi dengan baik akan mendekat dengan baik terhadap orang lain selain kekuarganya. Dengan ini anak akan sadar bahwa setiap kegiatan apapun dalam kehidupan walaupun seperti bermain membutuhkan proses sosialisasi dengan baik. 

Sebagai orang tua kita perlu memberikan contoh  cara kita bersosialisasi terhadap orang lain dengan baik sehingga anak akan menirunya karena sifat seorang anak yaitu suka meniru sesuatu hal sehingga anak akan bersosialisasi dengan baik. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline