Pelajaran bahasa Indonesia memiliki kedududan yang penting, terutama di tingkat sekolah dasar. Bahasa Indonesia menjadi jembatan untuk mempelajari pelajaran lainnya.
Namun, seringkali ditemukan siswa kurang semangat dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indoneisia. Tentu, hal ini menajadi tugas guru untuk menghadirkan kecerian dalam pembelajaran dengan merancang aktivitas menarik.
Aktivitas menarik tidak hanya membuat suasana belajar lebih hidup, tetapi juga membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Untuk menarik minat belajar siswa, Rekan Guru dapat memanfaatkan berbagai sarana yang tersedia, baik melalui pembelajaran digital atau konvensional.
Di Bulan Bahasa ini, penulis berbagi tiga ide pembelajaran yang telah dilakukan pada pelajaran bahasa Indonesia bab III, kelas VI Kurikulum Merdeka. Berikut penjelasannya!
Gim dengan Power Point
Biasa dikenal untuk presentasi, power point juga dapat dikemas menjadi gim interaktif. Penulis menggunakan power point untuk asesmen awal dan gim Tebak Taman Nasional. Disertai efek suara dan fitur lainnya, gim ini sukses menarik perhatian siswa.
Penulis menampilkan pertanyaan pilihan ganda tentang taman nasional. Siswa menebak dengan menuliskan jawaban di buku tulis dengan waktu tertera di layar salindia.
Siswa kemudian diminta untuk menunjukkan jawabannya. Kemudian, penulis membuka salindia jawaban berupa gambar dan penjelasannya. Penulis juga menyertakan efek suara agar tercipta efek menegangkan layaknya kuis di televisi.
Rekan Guru dapat membuat gim ini sendiri dengan bantuan tutorial di Youtube. Atau bisa juga memodifikasi power point yang sudah ada. Kuncinya, ada di kreativitas Rekan Guru sekalian.
Gim Educaplay
Ide pembelajaran ini muncul saat penulis membuat modul materi tentang majas. Untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai jenis majas, penulis kemudian membuat gim majas di plaatform Educaplay.