Lihat ke Halaman Asli

Evaluasi Pengembangan Alat Permainan Edukatif

Diperbarui: 8 November 2021   07:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

alat permainan edukatif/Sumber: orami.co.id

Hai apa kabar teman-teman kompasiana semoga kita selalu diberikan kesehatan untuk melakukan setiap aktivitas dengan rasa semangat tentunya untuk membaca artikel ini. Pada kesempatan ini penulis akan berbagi ilmu tentang evaluasi pengembangan pada alat permainan edukatif, teman-teman penasaran tidak evaluasi yang bagaimana sih dalam pengembangan alat permainan edukatif tersebut sehingga suatu alat permainan edukatif dapat digunakan dengan baik untuk anak usia dini oleh karena itu apabila teman-teman ingin mengetahui lebih luas mari ikuti pembahasan berikut ini ya teman-teman.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa alat permainan edukatif itu digunakan sebagai bahan sumber media dalam pembelajaran sehingga alat permainan tersebut memiliki fungsi tersendiri dalam evaluasi pengembangannya. Fungsi alat permainan edukatif tersebut sesuai dengan tujuannya yang mengedukasi anak dalam pemenuhan pembelajaran, apabila tidak mengedukasi maka tidak dapat dijadikan alat permainan. Fungsi alat permainan edukatif hadir untuk memenuhi segala aspek perkembangan khususnya pada aspek kognitif, bahasa, dan fisik motorik.

Adapun fungsi alat permainan yang perlu diketahui oleh teman-teman kompasiana sebagai berikut ini:

a. Untuk membantu para guru dalam kegiatan belajar mengajar yang berkualitas. Artinya cara belajar dan mengajar yang berkualitas atau bermakna atau juga bernilai dapat dilakukan melalui alat permainan edukatif dengan suasana belajarnya yang menyenangkan, dapat menumbuhkan pribadi yang percaya diri sehingga penilaian fungsi tersebut dapat terpenuhi setiap proses kebutuhan perkembangan diri dan dalam hal belajarnya.

b. Untuk mengembangkan atau menstimulus aspek perkembangan dengan baik

c. Untuk mengembangkan dan menumbuhkan situasi yang harmonis maupun komunikatif bagi guru, teman, dan oranglain yang ada disekitar.

Itulah fungsi dari alat permainan edukatif selanjutnya teman-teman diajak untuk memahami sebenarnya penilaian yang bagaimana dari fungsi alat permainan edukatif yang dimaksud. Penilaian dari fungsi alat permainan edukatif yang dimaksud ialah penilaian pengembangan atau stimulus dari aspek perkembangan anak melalui media alat permainan edukatif. 

Penilaian aspek perkembangan tersebut memiliki kriteria yang dapat terukur dalam artian media atau alat permainan edukatif terukur diperuntukkan anak usia berapa dan layak tidaknya apabila dipakai tidak sesuai dengan usia, menyeluruh dalam artian stimulus diberikan secara penuh terhadap aspek perkembangan dan berkelanjutan dalam artian penilaiannya dilakukan secara bertahap atau sesuai dengan proses perkembangan anak sampai tersimulus dengan baik sehingga tidak diberikan stimulus sekali dan dibiarkan saja akan tetapi sesuai proses pencapaian perkembangan anak.

Penilaian alat permainan edukatif yang sesuai aspek perkembangan dapat diketahui yaitu yang pertama ada aspek perkembangan kognitif mencakup kematangan anak dalam berfikir seperti bagaimana anak dapat mengenal warna-warna, bentuk. Kedua ada perkembangan fisik motorik mencakup bagaimana kondisi fisik dan sensorik anak ketika belajar melalui alat permainan edukatif yang disediakan guru seperti bagaimana cara menulis, melipat dan meletakkan benda pada suatu wadah. Ketiga ada perkembangan bahasa mencakup bagaimana anak dapat mengucapkan rangkaian kalimat dengan baik dan benar, berinteraksi melalui bahasa tulisan baik itu buku bergambar dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline