Lihat ke Halaman Asli

Human dan Public Relation

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pentingnya komunikasi di human relation (hubungan antar manusia)

Dalam prakteknya berkaitan erat dengan manusia yang berkomunikasi dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang komunikasi antar sesama. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian komunikasi di humanrelation sangat bergantung pada proses komunikasi . Dalam hal ini komunikasi sangatlah penting dalam hubungan antar sesama , dengan didukung oleh sumber belajar lain. Sumber belajar lain dalam bentuk pengajaran melalui media, metode, maupun pendekatan dalam pembelajaran.

Prinsip komunikasi di human relation yang baik adalah komunikasi yang mampu mengembangkan konsep dari komunikasi yang disampaikan kepada orang lain sehingga di mengerti.

Pentingnya komunikasi di human relation

Komunikasi adalah hubungan antar seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan, sehingga menimbulkan kebahagiaan dan kepuasan hati pada kedua belah pihak yang berkomunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka yang terjadi di suatu organisasi perusahaan.

Komunikasi di human relation sangatlah penting karna komunikasi adalah cara dalam mengadakan hubungan antar manusia(human relation) karna dengan komunikasi kita mengenal diri sendiri,orang lain dan orang disekitar kita dengan cara berinteraksi kepada orang secara persuasif ataupun represif.

Komunikasi adalah tindakan satu orang atau lebih, dengan mengirim dan menerima pesan, yang terjadi dalam konteks tertentu.di dalam komunikasi terdapat kesempatan untuk umpan balik yaitu saling mempengaruhi satu dan lain.

Melalui komunikasi antar pribadi kita dapat membina, memelihara, kadang kala merusak atau memperbaiki hubungan kepada orang lain.

Hubungan antar manusia yang sebenarnya tidak terlalu salah karena yang berhungan satu sama lain adalah manusia. Hanya saja disini sifat hubungan sesama manusia tidak seperti orang berkomunikasi biasa, bukan hanya merupakan penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain, tetapi hubungan antara orang-orang yang berkomunikasi dimana mengandung unsur-unsur kijiwaan yang amat mendalam.

Ditinjau dari kepemimpinanya, yang bertanggung jawab dalam suatu kelompok merupakan interaksi orang-orang menuju situasi kerja yang memotivasi untuk saling bekerjasama secara produktif,sehingga dicapai kepuasan ekonomi,psikologis dan sosial.

Komunikasisangatlah penting karna komunikasi adalah cara dalam mengadakan hubungan antar manusia dengan komunikasi kita mengenal diri sendiri,orang lain dan orang disekitar kita dengan cara berinteraksi kepada orang secara persuasif(halus) ataupun represif(memaksa) yang bertanggung jawab dalam suatu kelompok merupakan interaksi orang-orang menuju situasi kerja yang memotivasi untuk saling bekerjasama secara produktif,sehingga dicapai kepuasan ekonomi,psikologis dan sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline