orang bisa mencapai tujuan itu juga karena dari membangun interaksi dengan lingkungan nya
4 teori/aliran yang bisa berkembang pada tujuan manusia
1. Navitisme: bawaannya sejak lahir
teori ini tidak memeberikan lingkungan sebagai pengaruh apapun yang membawa itu bawaan sejak lahir (potensi sejak lahir),
2. Empirisme /empirik (tabula rasa) : lingkungan, teori ini dalam keadaan netrak tidak bernilai
teori mengakatan peserta didik bagaikan kain putih ia bisa menjadi hitam jika dikasih warna hitam, intinya tergantung dari lingkungan, teori ini juga mengatakan yg bisa mempengaruhi itu bukan dari bawaan tapi dari lingkungan.
Fitrah adalah kesiapan mental
3. Naturalisme (alam) : semua tergantung dari alam, pengertian proses pendidikan yang baik akan tergantung dgn apa semesta nya, alam akan mampu menciptakan orng dan mendidik orang.
4 Konvergensi (campuran) : menggabungkan dari dua teori yang awal, jadi teori ini mencampur kan dan mengkawinkan kedua nya, yakni dari bawaan dan lingkungan, jdi keduanya sma berperan dalam menciptakan pendidikan.
Lingkungan pendidikan dibagi lagi menjadi 3
1. Informal, keluarga