Lihat ke Halaman Asli

Silvia Titalestari

UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN

Training dan Development dalam Sumber Daya Insani

Diperbarui: 5 Juni 2022   20:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam mencapai sesuatu dipuncaknya atau ingin menjadi seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mengembangkan dirinya sendiri, tentu harus adanya persiapan tersendiri. Hal ini bisa dengan yang namanya pelatihan. Pelatihan adalah sebuah proses untuk memperoleh kemampuan, mendapatkan pengetahuan, serta keterampilan yang dituju. Adapun selain pelatihan ada yang namanya pengembangan yaitu proses untuk meningkat kan sesuatu yang telah dimiliki agar menjadi lebih baik lagi.

Adapun tujuan diadakan nya dari peningkatan serta pengembangan itu sendiri diantaranya :

  • Menyesuaikan kemampuan sesuai dengan kecanggihan tekhnologi yang ada
  • Menciptakan rasa profesioanlisme dalam bekerja
  • Memberikan kemampuan lebih tinggi di saat melaksanakan tugas
  • Melatih setiap individu mengenai organisasi
  • Memberikan pencerahan dalam menyelesaikan permasalahan

Selain tujuan, ada pula manfaat yang bisa diambil dalam pelatihan serta pengembangan tersebut. Di antaranya :

  • Pelatihan dan pengembangan sumber daya insani mampu meminimalisasi kinerja yang kurang  baik bahkan buruk
  • Pelatihan dan pengembangan sumber daya insani dapat meningkatkan produktivitas kemampuannya.
  • Pelatihan dan pengembangan sumber daya insani dapat meningkatkan komitmen yang dimilki agar semakin kuat
  • Pelatihan dan pengembangan sumber daya insani dapat meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja

Pelatihan dan pengembangan sumber daya insani diadakan bukan tanpa alasan. Melainkan banyak sekali fakror yang menyebabkan Pelatihan dan pengembangan sumber daya insani harus diikuti oleh karyawan yaitu :

  • Pertama, kebutuhan organisasi.  Setiap organisasi pasti membutuhkan sumber daya -- sumber dayanya yang mempuni, yang dapat menjalankan tugas nya dengan baik. Maka Pelatihan dan pengembangan sumber daya insani sangat berlaku untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut.
  • Kedua, kebutuhan individu. Kebutuhan individu juga masih berkaitan dengan kebutuhan perushaan atau organisasi. Karena jika seseorang mempunyai kemampuan lebih maka akan berpengaruh postif bagi dirinya. salah satunya dpat diterima di salah satu perusahaan atau organisasi yang ia inginkan.
  • Ketiga, sebagai investasi. Kemampuan yang dimilki seseorang bisa dijadikan sebagai investasi untuk mempersiapkan di masa depan. Di karenakan perubahan zaman semakin cepat dan seseorang harus mempunyai kemmapuan untuk dapat mengikutinya
  • Keempat, sebagai motivasi. Pelatihan dan pengembangan sumber daya insani disusun sebaik -- baiknya. Agar ketika diikuti oleh peserta dapat membuat mereka semnagat untuk mendapatkan manfaat dari Pelatihan dan pengembangan sumber daya insani itu sendiri.

Kemajuan serta kesuksesan suatu perusahaan bergantung besar pula pada karyawan nya, maka dari itu perusahaan atau organisasi sendiri harus memiliki karyawan yang bisa diandalkan serta tentunya dapat bekerja sesuai tuntutan. Jadi Pelatihan dan pengembangan sumber daya insani sangat sekali penting untuk dilakukan karena berepengaruh juga pada setiap pihak, baik individu atau seseorang maupun organisasi atau perusahaan.

Demikian artikel Training dan Development dalam Sumber Daya Insani, tulisan ini ditujukan untuk memenuhi tugas Ulangan Tengah Semester (UTS) mata kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan dosen pengampu bapak Dr. Syaiful Bahri, S.Ag., M.M

Oleh :

 Silvia Tita Lestari

Nim : 191410034

Jurusan Ekonomi Syariah Kelas A

Semester 6




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline