Stimulasi performance character pada anak usia dini menjadi tolak ukur keberhasilan anak dalam meningkatkan keterampilan serta kecerdasan untuk berdaptasi dengan perkembangan zaman. Sehingga perlu diadaptasi kembali dari setiap fasenya agar terfasilitasi untuk distimulasi dengan baik dan benar. Hal ini dapat distimulasi dengan ekstrakurikuler coding yang sudah menjadi program pengembangan minat dan bakat diluar kegiatan pembelajaran di TK Joy Kids National Plus. Oleh karena itu dari hasil kajian permasalahan diatas penulis bermaksud membuat penelitian kualitatif dengan judul " Pembinaan Performance Charakter Anak Usia Dini melalui Ekstrakurikuler Coding di TK Joy Kids National Plus Kota Tasikmalaya".
Adapun penelitian yang dipilih adalah pendidikan karakter yang berfokus pada performance karakter. Alasan pemilihan materi tersebut yakni sebagian banyak pendidik masih kebingungan untuk menstimulasi performace charakter yang tidak bersinggungan dengan perkembangan zaman. Sehingga penelitian tersebut meyakinkan pendidik untuk menstimulasi anak usia dini sesuai dengan pekembangan zamannya dengan memanfaatkan tekhnologi digital semaksimal mungkin.
Alasan peneliti memilih ekstrakurikuler coding diantaranya: 1) Ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan diluar pembelajaran sehingga tidak mengganggu kurikulum yang diterapkan TK Joy Kids National Plus 2) Ekstrakurikuler dilaksanakan tanpa paksaan dari pihak manapun melainkan disesuaikan dengan kebutuhan dan minat dan bakat anak 3) Ekstrakurikuler coding belum banyak diterapkan di pendidikan anak usia dini 4) Ektrakurikuler coding dapat menstimulasi perkembangan performance karakter anak usia dini 5) Hasil penelitian performance charakter masih terbatas.
Diperkuat dengan hasil penelitian Larry P. Nucci dan Darcia Narvaez dalam bukunya yang berjudul Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. Serta dilengkapi wawancara pendidik dan observasi kegiatan ekstrakurikuler coding di TK Joy Kids National Plus.
Seiring berkembangnya zaman pada pendidik mulai membuka dirinya untuk melakukan beberapa pengembangan yang di adopsi dari konsep sekolah internasional yang sudah melek akan tekhnologi. TK Joy Kids National Plus berinovasi menyelenggarakan program ekstrakurikuler yang diperuntukan sesuai minat dan bakat anak. Program ekstrakurikuler yang ditawarkan salah satunya adalah ekstrakurikuler coding. Anak akan fokus menuntukan apa yang akan dia rancang secara mandiri melalui permainan lego yang sudah disediakan.
Imajinasi anak akan tergambar sesuai lego yang tersesusun dan anak akan diarahkan untuk bekerjasama menyusun rute dengan beberapa arahan yang dibantu disampaikan oleh pembimbing untuk membacakan buku panduan media pembelajaran. Selesai dari itu anak akan bergantian untuk menscan buku panduan dengan robot yang bisa dimodifikasi dengan lego yang sudah anak susun sedemikian rupa. Hal tersebut menumbuhkan sikap kepemimpinan serta tekun terhadap satu hal yang menjadi fokus tujuan anak.
Anak akan memperhatikan laju robot yang dirancangnya apakah sesuai dengan rute yang benar atau masih keliru. Hal tersebut menstimulasi ketelitian anak untuk bertanggung jawab memecahkan satu permasalahan yang dihadapi. Kegiatan ekstrakurikuler coding yang diselenggarakan TK Joy Kids National Plus ini dapat menstimulasi perkembangan performa charakter anak usia dini agar bisa beradaptasi dengan zaman dengan beberapa keterampilan yakni problem solving, kepemimpinan, tanggung jawab, kreatif, tekun, fokus, serta visioner.