Lihat ke Halaman Asli

Ruang Lingkup Public Relations

Diperbarui: 12 Oktober 2023   11:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran Public Relations (PR) ini bertujuan untuk menciptakan suatu pengertian, sikap, dan tanggapan yang lebih baik dari khalayak terhadap produk organisasi, tindakan organisasi, atau proses pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan.

Tujuan PR pada dasarnya memberikan citra positif kepada public terkait informasi organisasi. Pencapaian tujuan public relations tidaklah mudah, kesalahan dalam proses pencapaian akan memberikan dampak negatif bagi organisasi.

1. Pengertian PR

PR adalah proses interaksi dimana menciptakan opini public sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi public, bertujuan menanamkan keinginan baik, kepercayaan, saling adanya pengertian, dan citra yang baik dari publiknya.

Ruang lingkup PR sendiri terbagi menjadi dua yaitu :

a. Membina Hubungan ke Dalam (Publik Internal)

Yang dimaksud publik internal adalah publik yang menjadi bagian dari unit/badan/perusahaa atau organisasi itu sendiri. Seorang PR harus mampu mengidentifikasi atau mengenali hal-hal yang menimbulkan gambaran negatif di dalam masyarakat, sebelum kebijakan itu dijalankan oleh organisasi.

b. Membina Hubungan ke Luar (Publik Eksternal)

Yang dimaksud publik eksternal adalah public umum (masyarakat). Mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif terhadap lembaga yang diwakilinya.

2. Manfaat PR

Berikut ini ada beberapa manfaat dari PR sendiri yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline