Lihat ke Halaman Asli

SILVIANA RAMADINA

Mahasiswa UNUSA

Budaya Adil (Just Culture) dan Non Blaming dalam Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien

Diperbarui: 8 Januari 2024   06:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Saya Silviana Ramadina, berinisiasi untuk mengeskplor artikel yang informatif terkait Budaya Adil (Just Culture) dan Non Blaming dalam Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien, yang dapat bermanfaat untuk semua.

Budaya perlakuan yang Adil (Just Culture)adalah konsep yang menekankan pentingnya perlakuan yang adil pada individu atau seseorang yang melaporkan insiden atau kesalahan. Jadi, prinsip dari budaya ini adalah tidak menyalahkan atau menghukum individu yang melaporkan insiden. Budaya ini mencakup sikap, perilaku yang digabungkan dalam menerapkannya. Budaya yang menyalahkan (Blame Culture) menuntut kesempurnaan dari individu dan menyalahkan jika terjadi kesalahan. Hal ini dapat menghambat kenyamanan dalam bekerja, dan mengurangi pelaporan insiden.Untuk itu, budaya keselamatan pasien yang aman mendorong profesionalisme, transparansi dan komitmen terhadap pelaporan. Menghindari menyalahkan individu adalah kunci dalam membangun budaya ini, insiden atau kesalahan harus dilihat sebagai peluang untuk perbaikan sistem dan bukan sebagai kesalahan individu. Tranparansi adalah hal penting dalam budaya keselamatan pasien, memungkinkan regulasi dan profesionalitas untuk menyelesaikan insiden tanpa harus melalui proses yang memakan waktu lama.Kepemimpinan yang memahami pentingnya keselamatan pasien, kerja tim yang efektif, komunikasi yang baik, pengakuan kesalahan adalah beberapa faktor untuk membangun budaya keselamatan pasien yang aman.Semua Faktor ini dapat membantu mencegah kesalahan, meningkatkan kualitas pelayanan dan membuat lingkungan yang adil aman bagi pasien dan tenaga kesehatan.

Penerapan budaya keselmatan pasien bukanlah tugas yang mudah, tetap manfaat jangka panjangnya dapat membawa perubahan positif secara menyeluruh dalam pelayanan kesehatan, dengan fokus pada pembelajaran, perbaikan sistem, dukungan terhadap individu, rumah sakit dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan responsif terhadap kebutuhan pasien dan tenaga Kesehatan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline