Lihat ke Halaman Asli

Silvia Maharani

Pelajar/Mahasiswa

5 Rekomendasi Makanan Khas Cirebon yang Wajib Kamu Coba!

Diperbarui: 27 Januari 2023   13:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Berikut kuliner yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Kota Cirebon : 

1. Tahu Gejrot
Tahu Gejrot adalah hidangan khas Cirebon yang terdiri dari potongan tahu goreng yang dicelupkan ke dalam kuah asam, manis, dan pedas.

2. Empal Gentong
Empal Gentong adalah  sajian khas masakan Cirebon yang terdiri dari usus, babat, dan irisan daging sapi. Kuliner lezat ini diolah dengan cara direbus dalam tong tanah liat dengan kayu bakar selama 5 jam.

3. Nasi jamblang atau Sega jamblang
Nasi Jamblang adalah salah satu kuliner tradisional yang banyak dikunjungi pengunjung saat berwisata ke Cirebon. Nasi yang dibungkus daun jati dan lauk-pauk yang disajikan di meja pedagang menjadi sensasi tersendiri.

4. Nasi lengko
Nasi lengko adalah masakan khas dari Cirebon, Jawa Barat yang juga terkenal di daerah Pantura. Nasi lengko terbuat dari potongan tempe, tahu, timun, kacang panjang, dan disiram bumbu kacang dan kecap manis. Keistimewaan nasi lengko khas Cirebon adalah penggunaan kucai cincang. Makanan ini cukup sederhana namun enak.

5 Docang
Docang adalah masakan khas Cirebon yang dibuat dengan menggabungkan kata bodo (oncom) dan kacang. Terdiri dari lontong, daun singkong, kucai, parutan kelapa, tauge dan kerupuk. Dicelup dengan kuah dage dari oncom Cirbon.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline