Lihat ke Halaman Asli

Silvia Febry

Mahasiswa

Mahasiswa KKN-T Ubhara, Bantu UMKM Pasarkan Produk Berbasis Kulit "E-commerce" Di Kedensari

Diperbarui: 15 Juni 2022   19:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: salah satu anggota KKN019-UBHARA melakukan mencari data pengrajin tas atau UMKM Desa Kedensari Tanggulangin (DokPribadi)

Sidoarjo - Pelaksanaan KKN Tematik Universitas Bhayangkara Surabaya di Kedensari Tanggulangin yaitu melakukan kegiatan KKN yang mengusung tema menarik dan berbeda dengan KKN lainnya.

Kegiatan KKN Tematik terdiri dari 15 anggota, terfokus dalam kegiatan awal yaitu, mendata dan mensosialisasikan mengenai pemasaran produk melalui e-commerce dengan mendampingi bagaimana cara mendaftar akun dan penggunaan e-commerce tersebut. Di Tanggulangin sebagian besar sebagai pengrajin dan UMKM berbasis kulit mulai dengan membuat tas, dompet, jaket, ransel, dan tepak. Tujuannya sebagai salah satu roda penggerak perekonomiannya.

Kegiatan pendataan telah melibatkan seluruh Ketua RT 01-25 di Kedensari. Dalam pendataan tersebut dapat mengetahui berapa jumlah UMKM berbasis kulit. Selanjutnya, kegiatan KKN kami melakukan penyuluhan mengenai e-commerce dan fotografi produk tujuannya agar dapat membantu dalam memperluas pemasaran produknya melalui e-commerce. Kegiatan KKN berlangsung dari tanggal 07 Juni-28 Juli 2022.

Gambar: kegiatan penyuluhan di Ketua RT 03 Kedensari yang salah satunya sebagai pengrajin atau UMKM berbasis kulit (DokPribadi)

Gambar: jaket dari bahan kulit sapi impor (DokPribadi)

"Pengrajin kulit disini sebagian besar hanya menerima pesanan dari sejumlah toko saja, tidak menjual hasilnya sendiri. Kalau ada pesanan ya kita buat, kalau tidak ya tidak" ujar salah satu Ketua RT Kedensari

Dari permasalahan tersebut KKN Universitas Bhayangkara Surabaya mengadakan sosialisasi mengenai e-commerce, tetapi tidak hanya pada pengrajin atau UMKM saja, melainkan turut serta melibatkan anggota Karang Taruna Kedensari dengan harap dapat memberikan pengetahuan mengenai pemasaran di era digital.

Strategi e-commerce dan fotografi produk tersebut diharapkan bisa mendongkrak ekonomi, khususnya bagi pengrajin atau UMKM berbasis kulit di Tanggulangin dan dapat berkembang pesat melalui pemasaran online di luar Kota dan Negara.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline