Lihat ke Halaman Asli

Manajeman Keuangan Digital

Diperbarui: 24 Agustus 2024   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di era globalisasi ini, teknologi terus berkembang menjadikan kita dituntut terus mengikuti perkembangan zaman. Keahlian dan Kemahiran tanpa didukung teknologi membuat seseorang akan kesulitan dalam menghadapi dunia luar. Khususnya pada bidang perekonomian dunia yang kini bisa di jangkau oleh siapapun itu. Dalam manajemen keuangan digital  kita bisa mengatur dan mengelolah keuangan menggunakan teknologi yang ada.

Manajemen keuangan digital mengajarkan banyak hal kepada kita, memudahkan kegiatan kita dalam banyak hal. Melakukan transaksi, mengatur rencana keuangan, melakukan investasi digital, meminjam dana, dan keamanan data pribasi serta uang kita.

Dalam melakukan transaksi kita bisa melakukannya dengan mudah dan praktis. Tidak perlu menggunakan uang secara langsung dalam transaksi, dalam satu klik saja transaksi bisa di lakukan dengan mudah. Banyak aplikasi digital yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti mbangking, aplikasi keuangan dan banyak lagi.

Selanjutnya adalah perencanan digital, dalam keuangan digital kita bisa melihat dan merancang bagaimana cara merencanakan keuangan kita di masa depan. Bahkan banyak aplikasi yang dapat merencanakan keuangan kita tanpa harus pusing-pusing membagi karena banyak rekomendari yang diberikan.

Investasi digital merupakan platform investasi online yang memungkinkan kita untuk menjual, membeli, dan mengelolah asset seperti modal, obligasi dan lainnya. Banhkan kita bisa berinvestasi dengan nominal yang tidak besar dan banyak pilihan Perusahaan yang bisa kita pilih.

Keuangan digital juga memiliki menejemen bagian yang di setiap bidang yang di kuasai oleh ahlinya. Membuat aplikasi juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum di gunakan oleh khalayak umum. Apalagi aplikasi dari Perusahaan besar yang pastinya sudah di rencanakan dengan sangat matang. Bahkan sering kali di update untuk menambah fitur dan bug yang ada.

Terdapat undang-undang yang mengatur keuangan dan teknologi yang menjadikan kita mendapatkan keamanan hukum yang pasti. Semua data yang kita masukkan akan terjamin keamanannya, seperti enkripsi data dan autentikasi dua factor yang terjamin keamannya.

Jadi manajemen keuangan digital merupakan salah satu metode untuk kita bisa mengatur dan mengelolah keuangan kita secara digital. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menejemen keuangan digital seperti yang sudah dijelaskan diatas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline