Lihat ke Halaman Asli

Silvia dian anggraini

Mahasiswa program studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas jember angkatan tahun 2020

Desa Bebas Sampah: Dusun Taman dan Taman Indah Bentuk Nyata Program Jumat Bersih Oleh Mahasiswa KKN

Diperbarui: 14 Agustus 2023   13:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi - KKN 47 Universitas Jember

Sampah merupakan bentuk dari sisa hasil aktivitas manusia berupa barang yang tidak terpakai dan didefinisikan sebagai suatu hal yang kotor, menjijikan dan tidak sehat. Membuang sampah secara sembarangan akan mempengaruhi berbagai dampak di dalam ruang lingkup masyarakat terutama pada perilaku yang secara terus menerus dilakukan sehingga menjadi kebiasaan.  Perilaku hidup bersih dan sehat akan terpengaruh dengan kebiasaan dan kurangnya kesadaran dalam membuang sampah secara sembarangan. Kebiasaan tersebut akan secara berkelanjutan dilakukan jika tidak adanya bentuk aksi dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat akan peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Jum'at 28 Juli 2023, Mahasiswa KKN 47 UNEJ bersama Perangkat Desa Alassumur beserta masyarakat menggelar kegiatan Bersih Desa yang berlokasi di Dusun Taman dan Taman Indah, Desa Alassumur. Kegiatan tersebut difokuskan pada pembersihan di beberapa titik seperti sekitar jalan utama antara Dusun Taman dan Taman Indah. Selain itu didekat perbatasan Desa Alassumur dengan Mengok, dan pembersihan di sekitar aliran air yang didominasi dengan sampah popok bayi dan kotoran hewan ternak.

Kebersihan lingkungan bertajuk Masyarakat Peduli Lingkungan Alassumur (Melindung ALMOUR) menjadi kunci utama dalam membangkitkan pilar utama berbentuk kesadaran masyarakat desa dalam penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menjaga lingkungannya agar tetap bersih dan bebas dari sampah. Kegiatan Jum'at Bersih akan terus berkelanjutan dalam pelaksanaannya setiap minggunya sebagai upaya menekan perilaku membuang sampah yang sembarangan. Hal ini selaras dengan disampaikan oleh salah satu mahasiswa KKN 47 UNEJ. "Pelaksanaan kegiatan jum'at bersih ini akan terus dilakukan setiap minggunya agar membawa perubahan pada perilaku masyarakat Desa Alassumur dan berubah menjadi kebiasaan yang baik untuk seterusnya" Ujar Ragil selaku Anggota Kelompok KKN 47 UNEJ.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline