Lihat ke Halaman Asli

Mendorong Gerakan Peduli Lingkungan, Mahasiswa UM Membuat Program Kerja Pengadaan Tong Sampah di Desa Belung

Diperbarui: 28 Juli 2024   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

proses pembuatan tong sampah di Desa Belung oleh mahasiswa UM/dokpri 

Masalah lingkungan dari tahun ke tahun memang masih menjadi pembahasan yang penting. Banyak dari kalangan masyarakat baik di desa maupun kota kurang memiliki kesadaran akan menjaga lingkungan sekitarnya. Hal tersebut menjadi sorotan bagi mahasiswa UM yang sedang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Belung, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Menurut mereka masalah lingkungan tersebut perlu menjadi bahan penting pertimbangan untuk menyusun program kerja yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu setelah melakukan observasi mereka juga melihat bahwa di Desa Belung khususnya di gang 13 atau di sekitar posko KKN belum ada tempat sampah mewadai. Melihat hal tersebut mahasiswa UM membuat program kerja pengadaan tong sampah. program kerja ini ditujukan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar. 

Program kerja pengadaan tong sampah dilakukan pada minggu terakhir masa KKN sebagai program kerja penutup. Tahapan yang dilaksanakan dalam menjalankan program kerja ini yaitu dimulai dari persiapan yang terdiri dari kegiatan membeli tong yang akan digunakan sebagai tempat sampah, membeli cat, dan membeli bahan-bahan yang dibutuhkan.

mahasiswa membeli tong yang digunakan untuk tempat sampah/dokpri

langkah selanjutnya adalah mulai tahap pengerjaan. Tahap pengerjaan ini terdiri dari kegiatan mencuci tong, memotong tong menjadi dua bagian, dan mengecat tong. Dalam proses ini tidak hanya mahasiswa saja yang mengerjakan akan tetapi masyarakat juga turut serta untuk melakukan kegiatan ini. 

proses pemotongan tong oleh mahasiswa/dokpri 

Langkah terakhir setelah tong sampah siap maka kegiatan selanjutnya adalah mendistribusikan tong sampah di gang 13. Pendistribusian dilakukan oleh mahasiswa dan tong sampah akan diletakkan di pinggir pinggir jalan sepanjang gang 13 Desa Belung. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline