Lihat ke Halaman Asli

SILVIA LASMALUMBAN

mahasiswa UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Matematika Bukan Ilmu Hitung-Hitungan, Menyikapi Persepsi Siswa dan Pengaruhnya pada Pola Pikir Logis

Diperbarui: 8 Oktober 2024   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Matematika sering kali dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang menantang oleh banyak siswa. Persepsi negatif terhadap matematika tidak hanya berdampak pada motivasi belajar, tetapi juga memengaruhi hasil akademik secara keseluruhan. 

Namun, ada juga siswa yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang bermanfaat dan menarik. Persepsi semacam ini sering kali berkontribusi positif pada pengembangan kemampuan berpikir logis dan sistematis. Melalui penelitian ini, kami mencoba mengeksplorasi lebih lanjut bagaimana persepsi siswa terhadap matematika dapat memengaruhi cara mereka berpikir secara logis.

Latar Belakang

Matematika adalah disiplin ilmu yang esensial dalam kehidupan sehari-hari. Selain melatih kemampuan berpikir kritis dan analitis, matematika juga penting dalam mengatasi berbagai masalah praktis. Banyak bidang ilmu lain, seperti sains dan teknologi, sangat bergantung pada pemahaman dasar matematika. 

Di SMA Negeri 1 Pagaran, sebagian besar siswa menunjukkan sikap beragam terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana persepsi siswa terhadap matematika memengaruhi kemampuan berpikir logis mereka, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pandangan tersebut.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan responden sebanyak 25 siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Pagaran. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan berskala Likert dan beberapa pertanyaan terbuka. 

Instrumen ini dirancang untuk menggali pandangan siswa terhadap matematika dan bagaimana hal itu berdampak pada kemampuan mereka dalam berpikir logis. Survei ini dilakukan secara online, dan hasilnya dianalisis secara deskriptif menggunakan metode statistik sederhana untuk menggambarkan pola dan tren persepsi siswa.

Hasil dan Pembahasan

Berdasarkan hasil survei, sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap matematika. Beberapa poin penting yang kami temukan adalah:

1. Pentingnya Matematika untuk Masa Depan: Sebanyak 53% siswa sangat setuju bahwa matematika adalah mata pelajaran yang penting untuk masa depan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa siswa menyadari pentingnya matematika dalam karir dan kehidupan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline