Lihat ke Halaman Asli

Silvi Kharisma Putri

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Kontribusi Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi di SDN Ciawi 4 Kabupaten Tasikmalaya

Diperbarui: 29 Desember 2023   08:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Kampus Mengajar merupakan sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kelas selama 1 (satu) semester dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pengembangan strategi dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif di satuan pendidikan sasaran, dengan fokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran. Sekolah sasaran dari program kampus mengajar dipilih berdasarkan dari akreditasi sekolah, terutama yang berada di daerah 3T (Terluar, Terdalam, Tertinggal) dan ditetapkan sesuai keputusan kemendikbud. 

SD Negeri Ciawi IV merupakan sekolah yang terletak di Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Sekolah ini cukup jauh dari jalan raya, dan waktu untuk menuju sekolah tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari jalan raya. Sekolah ini hanya terdiri satu rombel dari kelas 1 hingga kelas 6 dengan jumlah guru 10 orang.

Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 5 yang mengabdi di SDN Ciawi IV terdiri dari 4 Mahasiswa yang berasal dari kampus yang berbeda, Salah satunya Silvi Kharisma Putri (21), merupakan mahasiswa aktif Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Tasikmalaya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kegiatan Kampus Mengajar ini berlangsung selama satu semester atau kurang lebih 4 (empat) bulan dimulai tanggal 20 Februari 2023 sampai 12 Juni 2023. Kegiatan ini diawali dari pembekalan materi sebelum kegiatan, penerjunan mahasiswa ke sekolah, hingga penarikan kembali mahasiswa dari sekolah sasaran.

Pada masa penugasan di sekolah, setiap kelompok diwajibkan membuat program kerja. Salah satunya adalah program yang berfokus pada peningkatan kemampuaan literasi-numerasi di sekolah sasaran.  Seluruh program yang akan diterapkan terlebih dahulu dengan pihak sekolah melalui kegiatan Forum Komunikasi dan Koordinasi Sekolah (FKKS). Adapun beberapa program yang saya terapkan bersama kelompok berkaitan dengan literasi-numerasi adalah sebagai berikut:

1. Pengelolaan Ruang Perpustakaan

Dokumen Pribadi

Saat awal kedatangan kami, ruang perpustakaan di sekolah seperti sudah menjadi gudang dan tidak terpakai lagi, sehingga kami berinisiatif untuk mengaktifkan kembali ruang perpustakaan sekolah. Kegiatan ini diawali dengan membereskan dan merapihkan ruangan, mengeluarkan buku-buku, serta menyusun dan menata kedalam rak buku. Selain itu, kami juga menghias ruangan perpustakaan dengan membuat gantungan jendela, memasang poster, dan menambahkan hiasan-hiasan menarik lainnya di ruang perpustakaan. Kemudian, kami juga menyusun buku-buku baru yang belum tertata di lemari perpustakaan.

2. One Day Visit Library

Dokumen Pribadi

Program ini bernama  One Day Visit Library (satu hari mengunjungi perpustakaan). Dengan adanya program ini dapat memberikan kesempatan para siswa untuk bisa membaca buku di perpustakaan, serta belajar di perpustakaan selama satu hari dalam seminggu secara bergiliran. Harapannya semakin sering siswa membaca buku, mampu meningkatkan kemampuan literasinya dan akan membuat pengetahuan wawasan siswa semakin luas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline