Lihat ke Halaman Asli

Selebritis social media yang glamour

Diperbarui: 22 Oktober 2016   16:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Selebritis, ya semua orang berloma lomba ingin menempatkan dirinya dalam jajaran elit dunia maya. Merangkak dari level terbawah hingga menjadi seseorang yang diperhitungkan dan menjadi panutan pengguna social media. 

Twitter, social media yang saat ini menjadi barometer social media yang sangat berpengaruh dalam membangun opini publik. Social media twitter menyebut selebritisnya dengan sebutan selebtwit. Selebtwit memiliki follower yang banyak dan selebtwit berlakon layaknya panglima jika kita tak mau menyebutnya sebagai hubungan antara raja dan rakyatnya. Selebtwit hadir dengan beragam keunikan tersendiri, ada yanf fokus kepada isu isu politik, ada yang fokus kepada ramalan ramalan, lucu lucuan bahkan ada yang hadir dari kalangan paranormal. Seperti selebtwit @kurawa followernya 163 ribu, @jtmor orang batak yang fenomenal dengan follower 117 ribuan. Selain itu ada juga selebtwit anonim, seperti @partaisocmed dengan follower 107 ribuan serta @triomacan2000 yang sudah pensiun. Tentu saja banyak juga akun dengan follower yang jauh lebih besar seperti @sbyudhoyono dengan follower 9,3  jutaan, @AgusYudhoyono dengan follower 271 ribu bahkan @radityadika akun artis stand up comedy memilki follower 14 juta. Dan tentu saja, saat ini banyak akun akun yang sedang merangkak naik kepopulerannya seperti @awemany yang sudah mulai mendekati puluhan ribu, @isari68 dengan follower 12 ribuan. Twitter dengan keunikannya banyak digunakan menjadi sarana sosialisasi, kampanye bahkan propaganda untuk mempengaruhi persepsi publik. 

Hal ini mendorong banyaknya akun akun twitter yang menjadikan akunnya menjadi penghasilan dengan menjadi buzzer sebuah produk bahkan buzzer sebuah program pemerintah dan tentu saja, para kandidat pilkada kota kota besar menggunakan jasa buzzer ini untuk sosialisasikan visi misinya hingga membunuh karakter lawan politiknya. Dunia maya memiliki magnet yang demikian memikat untuk membuat sebagian orang mulai melakukan pembelian follower bahkan sekarang sudah berkembang menjadi jual beli akun. Cara instan menjadi selebtwit ini, banyak di sukai, karena pembeli akun hanya ingin mengambil prestisenya saja. 

Rangsangan glamournya twitland ini, juga sudah mulai merambat ke kota besar lain selain jakarta, seperti medan misalnya selebtwitnya @kisbet_ dan juga @harrysaragih yang kerap wara wiri di time line kt, atau @JopinusRsaragih satu satunya bupati di sumatera utara yang sudah mengoptimalkan socmed untuk sosialisasi. 

Yach memang dunia maya sangat mengundang karena terlihat glamour, namun apakah kehidupan para selebtwit sesuai dengan citranya di twitland? Biarlah itu berpulang kepada diri masing masing, karena setiap orang memiliki standart moral sendiri sendiri. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline