Lihat ke Halaman Asli

Silva octora

Mahasiswi

Becana di Cianjur dan Pertikaian di Baliknya

Diperbarui: 17 Januari 2023   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih memberikan peringatan untuk tetap waspada bagi warga cianjur dan sekitarnya dikarenakan akan adanya potensi gempa susulan. Kepala BMKG menyebutkan bahwa Gempa Cianjur disebabkan oleh lokasi pemukiman berada pada tanah yang lunak (Sumber : CNN Indonesia). 

Namun ada beberapa pihak yang menyebutkan kalau bencana di Cianjur ini berkaitan dengan agama dan juga azab dari Tuhan.
Secara garis besar masyarakat yang menyebutkan bahwa bencana yang terjadi di cianjur berkaitan dengan agama tidak sepenuhnya salah, karena bencana yang terjadi merupakan proses alamiah yang di cipatakan oleh Tuhan agar manusia dapat mengambil hikmah dari apa yang sudah Tuhan berikan. 

Namun tidak menutup kemungkinan jika manusia terlibat dalam hal ini. Karena masih ada beberapa oknum yang masih melakukan tindakan yang mendorong terjadinya bencana alam (ilegal) seperti penebangan pohon secara liar.

Dibalik oknum yang sampai saat ini mungkin masih melakukan tindakan yang ilegal seperti yang sudah disampaikan di atas, masih banyak pula manusia yang memiliki empati dan hati nurani untuk terjun langsung membantu para korban bencana di Cianjur dengan menggalang dana dan menjadi relawan. Biasanya para relawan yang terjun kedalam bencana tersebut memberikan sembako seperti beras, susu anak, telur, gula, minyak, popok bayi, obat-obatan dan sebagainya (Sumber : Jabar.inews). dan ada pula yang memberikan uang tunai kepada pihak penggalangan dana yang nantinya akan disalurkan langsung kepada para korban bencana Cianjur.

Selain dari bantuan relawan dan donatur, para korban mengeluh karena sikap Pemerintah yang sedikit mempersulit bantuan para korban. Korban harus membuat surat permohonan secara tertulis terlebih dahulu agar dapat menerima bantuan dari Pemerintah. Terlepas dari semua pertikaian yang terjadi, ada baiknya kita sebagai masyarakat Indonesia harus saling menjaga dan membantu sesama. Baik itu dengan lingkungan alam maupun manusia, karena pada dasarnya kita semua hidup berdampingan yang harus saling menjaga dan saling membantu pada kondisi apapun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline