Lihat ke Halaman Asli

Waspada Kampanye Greenwashing Industri

Diperbarui: 26 Oktober 2021   23:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Bab I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang untuk menyadari betapa pentingnya mempedulikan lingkungan pada saat ini. Terutama bagi pelaku bisnis yang memiliki skala yang kecil hingga skala yang besar. Industri-industri saat ini juga semakin gencar melakukan kampanye yang menyatakan bahwa mereka peduli terhadap lingkungan. 

Namun, dibalik itu banyak perusahaan yang hanya mengatakan bahwa mereka peduli terhadap lingkungan yang kenyataannya mereka tidak sepenuhnya melakukannya.

Konsumen saat ini juga memiliki kesadaran yang cukup tinggi terhadap lingkungan. Mereka akan menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan demi anak cucu mereka di masa depan. Hal ini membuat konsumen yang sadar akan lingkungan tersebut lebih memilih perusahaan yang ramah lingkungan.

Untuk mendapatkan perhatian dari konsumen, perusahaan akan berusaha menarik perhatian dan minat konsumen untuk membeli produk yang mereka tawarkan. Mereka akan menggunakan kata-kata yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut ramah lingkungan. Sehingga hal ini akan dianggap baik oleh konsumen terutama bagi mereka yang peduli terhadap lingkungan.

Namun, banyak sekali konsumen yang tidak menyadari bahwa produk yang mereka beli sama sekali tidak ramah lingkungan bahkan berbahaya. Bahkan konsumen bisa saja akan menjadi pelaku kerusakan lingkungan jika mereka tidak waspada dan berhati-hati terhadap produk yang mereka beli tersebut.

1.2 Rumusan Masalah
1.Apakah pengertian greenwashing?
2.Apa saja dampak yang ditimbulkan akibat perilaku greenwashing?
3.Apakah ciri-ciri Perusahaan yang melakukan greenwashing?

1.3 Tujuan Penelitian
Agar konsumen waspada terhadap perilaku greenwashing dan dampak yang ditimbulkannya.

Bab II
Pembahasan

2.1 Pengertian Greenwashing
Greenwashing adalah sebuah praktek yang dilakukan perusahaan untuk memasarkan dan mengklaim produk yang mereka punya merupakan produk ramah lingkungan tetapi tidak benar-benar membuat produk yang ramah lingkungan. Dengan kata lain, greenwashing merupakan sebuah pencitraan produk ramah lingkungan tanpa melakukan kegiatan yang ramah lingkungan. 

Dengan citra ini mereka berharap bahwa konsumen akan semakin tertarik dengan produk mereka dibandingkan produk lain dengan sektor yang sama.
Perusahaan yang ingin menunjukkan citra ramah akan terus berusaha ketika banyaknya dorongan dari investor, kompetitor dan konsumen. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline