Bagi para pencari kerja, membuat surat lamaran dan CV yang menarik merupakan hal yang memang harus dilakukan bila ingin melamar pekerjaan, namun ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum Anda melamar kerja disebuah perusahaan. Beberapa hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan Anda mengenai perusahaan tersebut dan dengan melakukan sedikit penyelidikan, Anda akan mendapatkan beberapa informasi berharga yang mungkin tidak didapat oleh kebanyakan orang dan ini akan menjadi nilai plus Anda nantinya. Selain untuk menambah pengetahuan Anda mengenai perusahaan tersebut, Anda juga dapat menilai apakah perusahaan ini adalah perusahaan yang sehat atau perusahaan yang memiliki image buruk.untuk mengetahui itu dapat melalui sumber infomasi lowongan pekerjaan dapat seperti media cetak, internet, career centre, network, dan agency.
Setelah mengetahui sumber adanya lowongan pekerjaan setelah itu memilih lowongan keja yang pas dan sesuai dengan apa yang diinginkan dan kemamouan yang dimiliki seperti:
- 1. Kesesuaian antara keadaan diri dengan persyaratan jabatan
- 2. sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan
- 3. mencari informasi mengenai posisi yang akan dipilih
- 4. mencari informasi mengenai perusahaa pemberi kerja
Dokumen-dokumen yang yang harus di persiapkan dalam melamar kerja seperti:
- surat lamaran
- Daftar Riwayat hidup
- Foto copy ijasah terakhir, transkip nilai, sertifikat, dan surat referensi
- photocopy KTP
- photocopy KK
- photocopy SKCK
- Pas Photo
setelah dokumen di persiapkan adapun pengirimannya dapat melalui:
1. Melalui Pos
Harus memberikan alamat pengirim dan alamat penerima dengan jelas sehingga dapat terkirim sesuai dengan alamat yang dituju
2. Melalui Email
Dalam mengirim dokumen lamaran pekrjaan melaui Email harus dapat mempertimbangkan besar kecilnya file yang akan di kirim, Kapasitas dalam mengirimkan email yaitu 2 MB lebih dari 2 MB file tidak akan terkirim atau diterima oleh perusahaan tersebut, harus rutin dalam membaca Email sehingga dengan itu dapat mengetahui apakah email lamaran di terima atau tidak.
3. Datang langsung ke perusahaan (Walk in interview)
yaitu dengan datang secara langsung ke perusahaan yang dituju
Jika kita sudah mengirim lamaran buatlah history/catatan pengiriman lamaran. Hal ini penting untuk dilakukan, jangan sampai saat ada panggilan untuk interview kita lupa bahwa kita pernah mengirim lamaran ke perusahaan yang bersangkutan.
Menerima Panggilan Pekerjaan