Lihat ke Halaman Asli

Khasiat Penggabungan Jahe dan Bawang Putih terhadap Asma

Diperbarui: 8 Juni 2022   21:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Asma merupakan penyakit pernapasan obstruktif atau penyakit yang menyerang pada saluran pernapasan. Asma sendiri dapat dialami disemua kalangan usia baik dari anak-anak hingga usia dewasa. Penyebab asma biasanya adalah alergi atau infeksi dari saluran pernapasan sehingga saluran napas mengalami pembengkakan dan tertutup atau terdapat lendir yang menutup jalan masuknya udara. Sehingga, gejala yang sering timbul dari asma ini adalah sesak, nyeri dada, dan juga suara mengi.

Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam yang melimpah sehingga banyak bahan alam yang dapat dimanfaatkan dan memberi khasiat yang baik. Kekayaan Indonesia ini salah satunya adalah rempah-rempah, banyak rempah yang ternyata dapat memberikan manfaat dan bahkan jadi obat yang biasanya di olah dengan mudah dan menimbulkan efek samping yang lebih sedikit.

Jahe dan bawang putih merupakan hasil dari kekayaan rempah di Indonesia. Jahe memiliki senyawa gingerol yang memiliki manfaat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Sedangkan senyawa yang terdapat pada bawang putih sendiri yaitu allicin yang memberikan manfaat antibakteri, antijamur, antivirus, dan anti-inflamasi. Maka dengan menggabungkan jahe dan bawnag putih ini dapat menjadi obat herbal bagi asma yang berperan sebagai anti-inflmasi, dan dengan menggabungkan jahe dan bawang putih yang bahannya mudah ditemukan dan dibuat oleh semua orang.

Dengan harga yang lebih murah dan dengan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat kimia asma yang beredar, tidak ada salahnya untuk mencoba penggabungan jahe dan bawang putih ini yaitu dengan cara sederhana seperti direbus, sebagai salah satu upaya untuk mengatasi asma dengan bahan dari alam yang kaya akan khasiat lainya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline