Lihat ke Halaman Asli

Silmy Mauli

Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Teater Tangga UMY Tampil Apik di Pembukaan Kineidoscope 2023

Diperbarui: 17 November 2023   19:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

penampilan Teater Tangga UMY di Auditorium IFI-LIP Yogyakarta/dokpri

Yogyakarta - Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM Teater Tangga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tampil sebagai pembuka acara festival film Kineidoscope 2023. 

Kineidoscope merupakan festival film nasional yang menampilkan film-film dari berbagai festival film di Indonesia. Acara berlangsung dari tanggal 13 sampai 16 November 2023 di IFI-LIP Yogyakarta. Kineidoscope digelar oleh UKM Muhammadiyah Multimedia Kine Klub UMY. 

Sebagai sesama UKM yang berada di UMY, MM Kine Klub mengajak Teater Tangga untuk berkolaborasi menampilkan teater dalam acara pembukaan Kineidoscope 2023. 

Sutradara pertunjukan teater, Yusuf Hasyim mengatakan, "Teater Tangga tidak biasanya tampil sebagai pembuka acara, sehingga ini jadi tantangan bagi kita, terlebih di acara festival film nasional ini, di depan para tamu dari berbagai daerah, bahkan luar negeri." 

Teater Tangga atau biasa disebut Teta menampilkan pertunjukan drama berjudul Di Balik Nasi Goreng. Drama tersebut menampilkan cerita tentang masyarakat nusantara yang memaknai nasi lebih dari makanan biasa, bahkan nasi keringpun masih bisa diolah menjadi nasi goreng. 

Kineidoscope juga akan menampilkan pertunjukan seni lain sebagai penutup di hari terakhir. Diantaranya, penampilan seni tari dari UKM Sentaka Mudya UMY dan UKM Paduan Suara Mahasiswa Sun Shine Voice UMY.

Dengan merangkul kolaborator kreatif ini, diharapkan Kineidoscope dapat benar-benar merepresentasikan temanya, Sentranesia, yakni memfokuskan kebudayaan nusantara dalam satu gelaran festival.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline