Lihat ke Halaman Asli

Teori lev vygotsky dan jean piagnet tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 17 Januari 2025   20:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang Perkembangan Sosial dan Kognitif

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh utama dalam psikologi perkembangan yang menawarkan pandangan berbeda mengenai cara individu, khususnya anak-anak, berkembang secara sosial dan kognitif. Meskipun memiliki fokus yang sama, yaitu perkembangan anak, pendekatan dan konsep yang mereka gunakan sangat berbeda. Berikut adalah penjelasan teori keduanya:

Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget

Jean Piaget (1896--1980) berfokus pada bagaimana anak-anak membangun pemahaman mereka tentang dunia melalui pengalaman langsung dan interaksi dengan lingkungan. Piaget menekankan bahwa perkembangan kognitif terjadi secara bertahap melalui serangkaian tahapan yang universal dan linier.

Tahapan Perkembangan Kognitif Piaget

Piaget mengidentifikasi empat tahapan perkembangan kognitif:

1. Tahap Sensorimotor (0--2 tahun)

Anak-anak belajar melalui pengalaman sensorik dan gerakan motorik.

Konsep penting: Object permanence (kesadaran bahwa objek tetap ada meskipun tidak terlihat).

2. Tahap Praoperasional (2--7 tahun)

Anak mulai menggunakan simbol (bahasa, gambar) untuk merepresentasikan objek.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline