Lihat ke Halaman Asli

ardon

ardianu siko

Manfaat Pupuk Organik

Diperbarui: 12 April 2019   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pupuk merupakan salah satu unsur hara terpenting bagi kesuburan dan membantu proses pertumbuhan tanaman serta membantu menjaga kualitas tanah. pupuk menjadi salah satu unsur terpenting bagi pertumbuhan tanaman. 

Artikel yang saya buat pada kali ini ialah manfaat pupuk organik bagi tanaman serta menjaga kualitas tanah. pupuk organik merupakan pupuk yang terbuat dari sisa-sisa kotoran hewan seperti kotoran ayam, sapi dan hewan lainnya. pupuk organik juga tidak hanya terbuat dari kotoran hewan tetapi pupuk organik juga terbuat dari sisa-sisa makanan. 

Pupuk organik ada bermacam-macam jenis ada pupuk organik cair dan pupuk organik padat. penggunaan nya hampir sama karena pupuk organik cair hanya membantu proses pertumbuhan ketika kita menggunakan pupuk organik padat. 

Proses pembuatan pupuk organik juga sangat mudah, kita hanya mempersiapkan bahan dan alat yang akan kita gunakan seperti embar dan batang pisang dan lain-lainnya. sebelum mencampurkan kita harus terlebih dahulu membersihkan ember agar tidak mengganggu proses fermentasi. proses fermentasi akan lebih lancar bila kita mengiris batang pisang dengan sangat halus, dengan begitu proses fermentasi nya akan sangat baik. 

Sebelum menggunakan pupuk organik pastikan pupuk organik yang kita buat sudah benar-bebar siap untuk kita gunakan. penggunaan pupuk organik cair juga tidak boleh berlebihan meskipun pupuk organik cair tidak mengandung bahan kimia. 

Pupuk merupakan suatu unsur hara yang sangat penting bagi pertumbuhan dan kesuburan tanaman serta menjaga kualitas tanah. pupuk organik merupakan pupuk yang tersusun dari sisa-sisa mahluk hidup seperti pelapukan tanaman  sangat mudah proses pembuatan nya serta mejaga kebersihan lingkungan dan ramah lingkungan. 

Pupuk organik juga sangat bermanfaat bagi tanaman serta tumbuhan yang akan berbunga/berbuah. pupuk organik cair adalah zat yang mambantu proses pertumbuhan tanaman yang berasal dari bahan-bahan organik yang berupa air.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline